Awalnya Sulit Yakinkan Warga, Kini Capaian Vaksinasi Warudoyong di Atas 70 Persen

oleh -
Camat Warudoyong, Ratna Hermayanti (kedua dari kiri) ketika monitoring vaksinasi anak di SDN Benteng.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Angka capaian vaksinasi Covid-19 Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi meningkat secara signifikan. Tetapi untuk mencapai peningkatan tersebut, camat dan jajarannya beserta relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI harus berjibaku meyakinkan warga betapa pentingnya vaksinasi.

“Awalnya kita memang mengalami kendala begitu sulitnya warga dimobilisasi. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Dan kami terus memberikan informasi serta edukasi tentang pentingnya vaksinasi untuk kebaikan bersama,” kata Camat Warudoyong, Ratna Hermayanti kepada wartawan, Jumat, 14 Januari 2022.

Mendapati warganya minim partisipasi untuk disuntik vaksin, Ratna tak gentar. Ia kerahkan kendaraan dinas untuk turun langsung menyuntik warga. Ia juga intens mendekati para tokoh masyarakat, tokoh agama, para ketua RT dan RW, juga kader posyandu.

Melalui sejumlah usaha itu, angka capaian Warudoyong kini sudah berhasil melewati 70 persen. “Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan angka capaian vaksinasi Warudoyong sudah di angka 72,49 persen. Saya bersyukur dengan angka capaian tersebut. Ini merupakan pencapaian yang baik berkat kerjasama semua,” tutur Ratna.

Pencapaian tersebut juga didorong oleh kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang saat ini sedang gencar dilakukan. Menurut Ratna persentase rata-rata pencapaian vaksinasi anak sejauh ini di tiap sekolah sudah mencapai 80 persen. Dia yakin pada akhir pekan ini akan meningkat di kisaran 90 persen lebih.

“Vaksinasi anak memang ditargetkan sampai tanggal 18 Januari 2022. Dari hasil pantauan kami di lapangan, animo anak-anak ini begitu tinggi divaksin sebab mereka sudah ingin belajar tatap muka secara penuh,” ujar dia. (*)