Camat Palabuhanratu Mendorong Implementasi Makna MTQ

oleh -
Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Palabuhanratu di Masjid Agung Palabuhanratu dipimpin oleh Camat H. Ali Iskandar.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar meresmikan pelaksanaan seleksi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Palabuhanratu. Penyelenggaraan MTQ tersebut dipusatkan di Masjid Agung Palabuhanratu, Kamis (13/1/2022). Pada persemian MTQ itu, Camat Ali didampingi unsur LPTQ, KUA, MUI, dan Ikatan Remaja Masjid Agung Palabuhanratu.

Dalam sambutannya, Ali mengatakan, dirinya ingin memastikan substansi dan makna dari MTQ dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. MTQ tidak sekedar mendengarkan keindahan lantunan Al-Quran, tetapi juga dapat melahirkan semangat untuk mengamalkan isi dari kitab suci tersebut.

“Pelaksanaan MTQ ini bertujuan supaya kaum muslim terus bersemangat untuk mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ujar camat.

Alhamdulillah, katanya, dia bersama unsur KUA, LPTQ, dan lembaga organisasi keagamaan serta Forkopimcam dan para para kepala desa bisa melaksanakan kegiatan seleksi MTQ tingkat kecamatan. 

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi acuan dalam menggerakkan terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius maju dan inovatif dengan pendekatan keagamaan,” tuturnya. 

Ketua Remaja Masjid Agung Palabuhanratu Abdullah Mu’min mengatakan, pada MTQ tingkat kecamatan, panitia memperlombakan beberapa cabang yaitu seni baca Al-Quran (15 peserta), hafalan Al-Quran (20 peserta), tafsir Al-Quran (1), fahmil Al-Quran (2 regu), syahril Al-Quran (3 regu), khatil Quran (3), kaligrafi (11), Qira’at Al-Quran (3), serta bintang vokal dan pop religi (2 peserta). (*)