Ratusan Siswa SDN Desa Cibima Jalani Vaksinasi, Sekolah Siapkan Ruang Nonton Film

oleh -
Salah seorang siswa SDN Desa Cibima dengan gagah berani dan tegar menerima suntikan Vaksin Covid-19, dia tidak menangis.
Sehabis menerima suntikan Vaksin Covid-19, para siswa SDN Desa Cibima menikmati sajian film di ruangan kelas yang disulap menjadi bioskop.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Sebanyak 815 siswa SDN Dewi Sartika Cipta Bina Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi mengikuti vaksinasi Covid-19. Anak-anak usia 6 sampai 11 tahun itu harus rela divaksin agar memiliki imunitas terhadap serangan Virus Corona. Vaksinasi para siswa ini juga diperlukan guna mendukung proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah tersebut. 

Vaksinasi dilakukan selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat, 13/14 Januari 2022. Vaksinasi gelombang pertama menyasar 445 siswa kelas I, II dan III.  Sementara besoknya giliran 370 siswa kelas IV, V dan VI yang akan divaksin.

“Kami mendukung sekali upaya vaksinasi para para siswa ini. Dengan vaksinasi kami lebih nyaman untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka yang telah disetujui Dinas Pendidikan da Kebudayaan Kota Sukabumi,” jelas Plt Kepsek SDN Desa Cibima, Paulina Megah Dekrita kepada para wartawan di tengah kesibukan pemantauan vaksinasi hari pertama, Kamis (13/1/2022).

Paulina juga menegaskan vaksinasi yang dilakukan terhadap para siswa merupakan vaksinasi terakhir untuk unsur-unsur sekolah. Sebelumnya para guru termasuk dirinya telah selesai melakukan vaksinasi sampai dosis kedua.

Vaksinasi para siswa itu sendiri dipersiapkan dengan matang oleh sekolah dibantu komite dan para orang tua. Salah satunya, mereka menyiapkan ruang nonton untuk menghibur para siswa yang tegang usai disuntik. Di ruang itu para siswa yang telah disuntik bisa asyik menikmati tayangan film agar kembali tenang. 

“Ruang nonton hasil kerja sama kami dengan komite dan para orang tua siswa. Tujuannya agar anak-anak tidak stres menjalani vaksinasi. Terbukti adanya ruang nonton itu membuat para siswa bisa enjoy dan santai usai disuntik vaksin,” tutur dia.

Tak hanya itu, sekolah dibantu komite dan dewan kelas juga menyediakan makanan untuk para siswa yang telah mengikuti vaksinasi. Semua upaya itu, kata Paulina, dilakukan agar kegiatan vaksinasi berjalan lancar serta pencapaiannya sesuai target.

Sementara itu Ketua Komite Desa Cibima, Ari Sundari menyambut baik kegiatan vaksinasi anak di sekolah tersebut. Jajaran komite sekolah dan dewan kelas, kata Ari, ikut mendukung vaksinasi bisa berjalan lancar tanpa hambatan dan sesuai target.

“Mewakili para orang tua siswa, kami tentu mendukung bentuk ikhtiar yang dilakukan sekolah juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk vaksinasi anak ini. Vaksinasi Covid-19 penting agar anak-anak kita sehat dan tubuhnya memiliki kekebalan dari virus Corona,” kata dia.

Para guru dan komite sekolah SDN Desa Cibima memberikan dorongan kepada para siswa agar anak-anak lebih siap menghadapi jarum suntik.

Ari juga mendukung rencana sekolah yang telah mendapat persetujuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan PTM 100 persen. Dia mengharapkan kondisi PPKM di Kota Sukabumi semakin baik agar PTM 100 persen bisa berjalan lancar.

“Makanya kami para orang tua terus memperhatikan anak-anak untuk menerapkan prokes yang baik, saat di dalam maupun di luar sekolah,” tutur Ari. (*)