Sinergikan Pengelolaan Data, BPS Berkunjung ke Diskominfo

oleh -
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar (kanan) menyerahkan buku yang berisi data statistik sektoral kepada Kepala BPS Kota Sukabumi Suhardono Kardono.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Pimpinan dan staf Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi mengadakan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi dalam rangka membangun sinergitas dan kolaborasi dalam pengelolaan data. Kedua instansi sepakat untuk bekerja sama dan saling mendukung untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi pengolahan dan pengelolaan data.

Kunjungan digelar pada  Rabu, 12 Januari 2022. Tim dari BPS dipimpin oleh  Kepala BPS, Suhardono Kardono. Mereka diterima oleh Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar didampingi sejumlah staf yang salah satunya Kepala Bidang Statistik, Persandian, dan Keamanan Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, Eneng Rahmi.

Pada pertemuan dua instansi tersebut, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menyerahkan buku yang berisi data statistik sektoral kepada Kepala BPS Kota Sukabumi. Buku yang diserahkan itu berisi kumpulan data satistik sektoral yang terdiri dari 171 data dan identitas metadata statistik sektoral. 

“Kunjungan ini akan semakin memperkuat jalinan kerja sama Diskominfo sebagai wali data di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang sebelumnya telah berkolaborasi dengan BPS sebagai pembina data dalam pengumpulan data dari perangkat daerah dan produsen data,” ujar Rahmat.

Kabid Statistik, Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka menyamakan persepsi terkait pengumpulan data sehingga ke depannya bisa diperoleh data yang lebih lengkap dan valid. (*)