Dinkes Kota Sukabumi Launching Vaksinasi Booster Dosis ke-3

oleh -
Masyarakat menyambut dengan antusias pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster seperti terlihat di Puskesmas Selabatu.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kota Sukabumi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meluncurkan vaksinasi Covid-19 dosis ke-3 atau booster di beberapa puskesmas, Rabu (12/1/2022). Vaksinasi booster bisa diberlakukan karena Kota Sukabumi telah mencapai target vaksinasi dosis pertama lebih daripada 70 persen dan dosis ke-2 di atas 60 persen.

Kepala Dinkes Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih saat ditemui di tempat pelaksanaan vaksinasi booster di Puskesmas Selabatu menjelaskan,  Kota Sukabumi merupakan satu di antara 10 kota dan kabupaten di Jawa Barat yang diperbolehkan melaksanakan vaksinasi booster.

“Ada ketentuannya bahwa daerah yang bisa memberikan vaksinasi dosis ketiga haruslah mencapai vaksinasi Covid-19 dosis pertama lebih dari 70 persen dan dosis kedua lebih dari 60 persen,” kata Rita.

Adapun untuk target vaksinasi booster, Kepala Dinkes menyebutkan, banyaknya hampir sama dengan target vaksinasi sebelumnya yakni 269.834 orang. Jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga adalah Vaksin Astrazeneca.

“Untuk sementara vaksinasi booster dilaksanakan di beberapa puskesmas karena saat ini kami juga tengah mengejar target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6 – 11 tahun di 141 SD yang capaiannya sudah 20 persen dari target 35 ribu orang anak,” tutur dia.

Vaksinasi dosis ketiga bisa didapatkan oleh masyarakat secara gratis. Selain Puskesmas Selabtu, fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan vaksinasi booster terdiri dari Pusekesmas Tipar, Puskesmas Cipelang, Puskesmas Nanggeleng, Puskesmas Baros, Puskesmas Benteng, dan Puskesmas Cibeureum Hilir.

“Kami harapkan masyarakat bisa mengikuti vaksinasi dosis ketiga agar memiliki imunitas tubuh yang lebih kuat untuk menghadapi Virus Corona,” ujar Rita.

Kepala Dinkes juga memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di Kota Sukabumi dalam kondisi cukup.

Hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga disambut dengan antusias oleh masyarakat. Antrean warga di lokasi-lokasi yang menyediakan layanan vaksinasi booster cukup panjang.

Warga yang bisa mendapatkan suntikan Vaksin Covid-19 dosis ketiga harus berumur lebih daripada 18 tahun. Penyuntikan dilakukan dengan jarak lebih dari 6 bulan setelah pemberian vaksin dosis kedua. Pada vaksinasi booster, vaksin yang disuntikkan berdosis setengah. (*)