Propemperda Kota Sukabumi 2022: 8 Raperda di Pemda dan 2 dari DPRD

oleh -
Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum pada Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Tri Sari Setiati.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Sukabumi tahun 2022 masih didominasi usulan dari Pemkot Sukabumi. Dari 10 raperda yang akan dibahas selama tahun 2022 sebanyak 8 berasal dari eksekutif dan 2 merupakan raperda inisiatif dari DPRD Kota Sukabumi.

Kesepuluh raperda tersebut telah disiapkan oleh Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi untuk ditentukan jadwal pembahasannya dengan legislatif. Dua di antara raperda yang akan dibahas menyangkut PBG atau  persetujuan bangunan gedung. Raperda ini mendapatkan priroritas untuk diselesaikan pada triwulan I.

Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum pada Bagian Hukum Setda Kota Sukabumi, Tri Sari Setiati mengatakan, semua raperda tersebut telah dijadwalkan pembahasannya.

“Mudah-mudahan pembahasan raperda tahun anggaran 2022 dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” kata Tri kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Adapun kesepuluh raperda tersebut terdiri dari Raperda tentang PBG, Raperda tentang Retribusi PBG, Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Rapeda tentang Perpajakan Daerah, Raperda tentang Pertanggungjawaban Penyelenggaraan APBD 2021. 

Selanjutnya Raperda tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah, Raperda tentang Perubahan APBD 2022, Raperda tentang APBD 2023, Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, dan Raperda tentang Penyelengaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan. (*)