Proyek Renovasi di Desa Cibitung Mulai Berjalan

oleh -
Pembangunan RTLH di Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi sedang berproses berkat lancarnya penyaluran bantuan dari Pemprov Jawa Barat.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Proyek renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi mulai dijalankan. Pada program tersebut sedikitnya 40 keluarga penerima manfaat mendapat kesempatan untuk membangun rumahnya dari RTLH menjadi rumah layak huni.

Kegiatan renovasi rumah butut itu dibiayai oleh Pemprov Jawa Barat dengan  anggaran untuk tiap rumah sebesar Rp17,5 juta yang alokasinya Rp16,5 juta untuk pembelian material bangunan, Rp700 ribu untuk upah pekerja bangunan, dan Rp300 ribu untuk panitia.

Program tersebut sudah berjalan sekitar satu minggu. Karena pengerjaannya didukung swadaya masyarakat, tingkat penyelesaiannya sudah mencapai 65 persen.

Salah satu keluarga penerima manfaat di Kampung Sawah Tegal  RT 21 RW 08 Desa Cibitung, Susi Latipah  menyampaikan terima kasih kepada pemerintah khususnya kepala dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Desa Cibitung yang telah memberikan kesempatan untuk memperbaiki rumahnya.  

“Alhamdulillah dengan bantuan dari pemerintah rumah saya dapat menjadi bagus,  sekarang ditembok dan pakai genteng. Asalnya berdinding kayu,” kata Susi kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

Memang bantuan dari pemerntah itu tidak dapat mencukupi untuk menyelesaikan pembangunan rumah. Namun, ujar dia, keluarganya mendapat bantuan tenaga dari tetangga dan kerabat yang bekerja secara gotong royong.

“Kami tidak bisa membayangkan kondisi rumah kami bila tidak ada bantuan, sulit untuk memperbaikinya karena kondisi ekonomi yang tidak memadai. Penghasilan kami hanya cukup untuk makan sehari-hari. Terima kasih Pak Kades dan rengrengan LPM Cibitung,” ungkapnya. 

Ucapan terima kasih disampaikan juga oleh Kepala Desa Cibitung, Irfan Sanusi kepada Pemprov Jabar.  Berkat adanya bantuan dari Dinas Perkim Provinsi Jabar yang disalurkan oleh Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, sebanyak 40 warga Desa Cibitung dapat memperbaiki rumah yang keadaannya hampir runtuh.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat. Juga kepada koordinator, fasilitator desa, perangkat desa, lembaga-lembaga desa, dan masyarakat Cibitung yang sudah mendukung program renovasi rutilahu ini,” kata Irfan. (*)