Berkeliling Kawasan Selatan, Bupati Monitoring Vaksinasi di Pajampangan

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ketika mendatangi tempat vaksinasi di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi dalam kunjungan kerja akhir pekan ke daerah Pajampangan.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menggelar kunjungan kerja ke kawasan selatan Pajampangan untuk meonitoring dan mendorong pelaksanaan vaksinasi di beberpa desa. Bersama rombongan, bupati mendatangi puskesmas dan puskesmas pembantu serta tempat publik yang sedang melaksanakan vaksinasi.

Kunjungan blusukan itu dilaksaksanakan di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (11/12/2021). Bupati melihat langsung dari jarak dekat pelaksanaan vaksinasi di beberapa lokasi antara lain Desa Tamanjaya dan Desa Ciwaru di Kecamatan Ciemas.  

“Kegiatan ini merupakan monitoring dan evaluasi serta pemantauan  percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi. Kami terus mengejar target vaksinasi sebesar 70 persen pada akhir tahun ini,” kata bupati.

Hasil monitoringnya, bupati mengapresiasi para petugas yang melaksanakan vaksinasi dengan menyesuaikan kebiasaan masyarakat setempat.  Petugas vaksinasi  memang harus bisa menyesuaikan jam tugas dengan kondisi dan kebiasaan masyakat. Sebagian masyarakat berada di rumah pada sore hari sepulang kerja dari kebun atau sawah.

“Jadi bagus juga waktu vaksinasi disesuaikan dengan jam kerja para petani supaya mereka bersedia untuk divaksin. Kami sarankan pelayanan vaksinasi diselenggarakan pada sore hari selain pagi dan siang secara tetap. Para petugas bisa mengatur jam kerja dengan sistem waktu shift,” tuturnya. 

Pada bagian lain bupati mengajukan rencana akan melibatkan komunitas offroad dalam kegiatan vaksinasi untuk menjangkau daerah terpencil. Dengan daya jelajah yang bisa menjangkau daerah terpencil, ujar dia, komunitas offroad bisa dilibatkan untuk mendukung transportasi tim vaksinator.

“Nanti kami akan mengajak komunitas offroader untuk terlibat dalam vaksinasi Covid-19,” kata bupati.

Berbicara tentang target vaksinasi 70 persen, bupati menyatakan optimis hal itu dapat tercapai pada akhir tahun 2021. Pekan ini sudah mencapai di atas 60 persen, dengan berbagai cara dan langkah, pada akhir tahun 2021, target 70 persen dapat tercapai.

Bupati juga akan terus mendorong perbaikan dan penambahan fasilitas kesehatan di beberapa puskesmas. Dalam kunjungannya, Marwan mendatangi puskesmas yang sedang direnovasi.

“Kami harapkan banyaknya pusat pelayanan kesehatan dan aktifnya petugas kesehatan dalam menangani masalah kesehatan dapat mendorong Kabupaten Sukabumi segera pulih dan bangkit dari dampak weabah Covid-19,” ujar dia.

Berdasarkan pantauan di tempat kunjungan kerja, semua warga yang mengikuti vaksinasi menerapkan protokol kesehatan (prokes) yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Bupati mengimbau warga yang telah menjalani vaksinasi harus tetap terus melaksanakan menjalankan prokes yang lebih lengkap yaitu ditambah menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (*)