Kerahkan Semua Sumber Daya, Polres Sukabumi Ikut Mengejar Target Vaksinasi 70 Persen

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SDN 2 Nyangkowek, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi merukapan upaya Polres Sukabumi dalam mencapai target vaksinasi 70 persen.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Polres Sukabumi siap mengerahkan segala sumber daya dan upaya untuk ikut serta mewujudkan target vaksinasi 70 persen di Kabupaten Sukabumi. Jajaran Polres menggelar vaksinasi melalui Gerai Vaksin Presisi tingkat Polres, Polsek, dan puskesmas-puskesmas.  

Hal itu dikatakan Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawanasyah ketika monitoring vaksinasi Covid-19 di SDN Nyangkowek 2 Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (25/11/2021). Dalam monitoring itu, Kapolres hadir bersama staf Bidang Dokkes Polda Jabar dan Polsek Cicurug.

“Kami akan mengerahkan sumber daya yang kami miliki untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sukabumi. Jajaran di Polres dan Polsek diterjunkan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi,” ujar AKBP Dedy.

Dari hasil evaluasi, saat ini di Kabupaten Sukabumi capaian vaksinasinya masih rendah karena baru mencapai 50 persen dari target 70 persen agar dapat membentuk kekebalan komunal. Kapolres Sukabumi tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk mengikuti vaksinasi di fasilitas-fasilitas yang disediakan, baik Gerai Vaksin Presisi maupun di puskesmas.

“Petugas kami selalu hadir di setiap lokasi vaksinasi untuk melakukan monitoring supaya vaksinasi berjalan lancar dan tertib serta menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Pada vaksinasi di SDN 2 Nyangkowek, tim vaksinatornya dari Bidang Dokkes Polda Jabar. Para peserta menerapkan protokol kesehatan sebagaimana diwajibkan oleh penyelenggara vaksinasi dan tim vaksinator. Semuanya mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan setelah menerima suntikan Vaksin Covid-19.

Mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapatkan suntikan vaksin. Hanya warga yang lolos pemeriksaan kesehatan yang boleh melanjutkan proses ke tahapan penyuntikan. Mereka yang mengalami gangguan kesehatan ditunda vaksinasinya.

“Kami menyediakan berbagai fasilitas untuk vaksinasi di berbagia tempat. Hendaknya masyarakat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas tersebut. Kami mengajak masyarakat untuk vaksinasi atas dasar rasa sayang terhadap warga Kabupaten Sukabumi agar semua masyarakat tetap sehat dan terhindar dari wabah Covid-19,” ujar Kapolres.

AKBP Dedy menegaskan, kalau persentase vaksinasi telah mencapai 70 persen, insya Allah masyarakat bisa mencegah penyebaran Virus Corona. (*)