Wabah Mereda, Pendapatan Sektor Pariwisata Merangkak Naik

oleh -
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho menjelaskan seputar kemajuan dalam pencapaian pendapatan dari sektor pariwisata.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Pencapaian Pendapatan Asli  Daerah (PAD) dari sektor pariwisata yang dikelola Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi mulai merangkak naik. Hal itu terjadi sejak kasus wabah Covid-19 menurun hingga nol kasus sejak beberapa minggu ke belakang. 

Kepala Disporapar Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho ketika ditemui wartawan di Balai Kota Sukabumi, Jumat (26/11/2021) mengatakan, pada 1,5 tahun sebelumnya di tengah wabah Virus Corona, dunia pariwisata benar-benar terpuruk hingga hampir ke titik nadir. PAD dari sektor pariwisata pun nyaris nol.

“Alhamdulillah tahun ini PAD yang kami kelola dari sektor pariwisata mulai naik dan bahkan melampaui target yang telah ditetapkan,” kata Tejo.

Disesuaikan dengan kondisi pandemi, target PAD dari sektor pariwisata ditetapkan sebesar Rp120 juta. Namun walaupun tahun 2021 masih satu bulan lagi, target tersebut telah terlampaui dengan pendapatan sebesar Rp128 juta.

“Kami yakin hingga akhir tahun ini pencapaiannya bisa melebihi 110 persen dari target. Semoga saja pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan semuanya bisa kembali normal untuk mendorong pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Selama ini, Disporapar mengandalkan pendapatan dari dua lokasi wisata yang dikelolanya yaitu Wisata Air Panas Cikundul dan Kolam Renang Rengganis.  

“Alhamdulillah di dua lokasi wisata yang kami kelola itu pencapaian targetnya berimbang,” jelas dia.

Ke depannya Tejo dan jajaran akan lebih bersemangat lagi untuk menggenjot pencapaian PAD walau masih di tengah kondisi pandemi Covid-19. Dia mengatakan akan melakukan berbagai inovasi pada sektor pariwisata, termasuk melakukan pendekatan dan pembinaan kepada para pengelola usaha pariwisata.

“Harus ada inovasi tentunya biar masyarakat maupun wisatawan bisa merasa nyaman berlibur di Kota Sukabumi, khususnya menikmati objek wisata yang ada,” ungkapnya. (*)