Mencapai ODF, Kabupaten Sukabumi Mendapat Penghargaan Gubernur

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (keempat dari kiri) menerima penghargaan Gubernur Jabar sebagai daerah yang bebas BABS dari Wagub Jabar KH Uu Ruzhanul Ulum.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kabupaten Sukabumi sukses mencapai kondisi terbebas buang air besar sembarang (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Dengan status ini semua warga Kabupaten Sukabumi melaksanakan hajat buang air besar di kakus atau WC yang memenuhi syarat kesehatan.

Atas prestasi tersebut, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang terbebas dari BABS. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat KH. Uu Ruzhanul Ulum pada acara gebyar Hari Kesehatan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Barat  Gedung Sate,Jalan Diponegoro No. 22 Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).

Sebelumnya di wilayah Kabupaten Sukabumi masih ada warga yang buang air besar sembarangan, orang-orang menyebutnya dolbon (buang asir besar di kebun). Berkat perjuangan bersama, tahun ini Bupati Marwan sukses membebaskan Kabupaten Sukabumi dari kebiasaan dolbon.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi semua pihak, baik bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi maupun masyarakat. Kita harus berjuang dalam waktu yang cukup panjang untuk meraih penghargaan ini,” kata bupati setelah menerima penghargaan dari Wagub Uu.

ODF, ujar dia, merupakan salah satu syarat untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang sehat dan maju. Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat harus ikut bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Satu hal lagi Sukabumi diberi kepercayaan Unesco dengan geopark dunia. Syaratnya lingkungan bersih dan penataan yang menyangkut kepada fungsi untuk menyejahterakan rakyat. Ini pun harus terus menjadi pemicu,” ungkapnya.

Bupati Pun menyampaikan ucapan  terima kasih untuk semua pihak yang telah berjuang dalam menjadikan Kabupaten sehat dan memenuhi ODF.

Dalam perjuangan mencapai terbebas dari BABS, Pemkab Sukabumi harus mengedukasi dan mengubah pola perilaku masyarakat  untuk sadar bersih dan kesehatan  serta melewati tahap verifikasi oleh tim penilai Provinsi Jawa Barat dan Verifikator Nasional. Hasil dari perjuangan tersebut, Kabupaten Sukabumi meraih penghargaan sebagai daerah ODF.

Wagub Jabar mengatakan, penghargaan ODF  diraih oleh hanya tiga 3 kabupaten dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang. (*)