Tidak Ditawar-tawar Lagi, Target Capaian Vaksinasi 70 Persen Harus Tercapai pada Akhir 2021

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan arahan kepada para peserta rapat koordinasi lintas sektor penanganan Covid-19.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan mengambil berbagai langkah dan upaya untuk mengejar capaian vaksinasi dengan target 70 persen pada akhir 2021. Dengan pencapaian tersebut, Kabupaten Sukabumi dapat mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal.

Hal ini dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami ketika membuka rapat koordinasi (rakor) lintas sektor pencegahan dan pengendalian Covid-19 tingkat Kabupaten Sukabumi di Hotel Pangrango, Kamis (25/11/2021). Target capaian vaksinasi 70 persen, kata bupati, tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Kita tidak berbicara lagi 50 persen. Namun capaian 70 persen untuk mengejar bulan Desember 2021,” kata Marwan.

Bupati pun mendorong para peserta rakor untuk melakukan penguatan dan sinkronisasi di setiap perangkat daerah guna mempercepat capaian target 70 persen. Salah satu caranya dengan mengkonsolidasikan berbagai persoalan yang muncul di lapangan.

“Semua data harus disinkronkan. Begitu juga pergerakan dan pengawasan petugas dari berbagai instansi demi tercapainya target 70 persen,” ucap bupati.

Dirinya, lanjut Marwan, telah mencanangkan mobilisasi masyarakat khususnya yang tinggal di pedalaman ke tempat-tempat penyuntikan Vaksin Covid-19. Pemda akan menyiapkan kendaraan untuk menjemput dan mengantar pulang warga dari tempat vaksinasi.  

Selain itu, dokter masuk kampung juga akan semakin diintensifkan, terutama dalam menjangkau daerah-daerah yang aksesnya terbatas. Salah satu tugas para dokter pada program tersebut adalah mendata warga yang belum diberi suntikan vaksin.

“Nanti jam kerja puskesmas bisa diberlakukan 24 jam termasuk juga membuat sistem dan teknis puskesmas untuk bekerja sama dengan klinik yang buka 24 jam untuk mengantisipasi capaian vaksinasi masih belum tercapai,” kata bupati.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi H. Harun Alrasyid mengatakan, target vaksinasi akan dicapai dengan program bulan vaksinasi. Selama satu bulan, Dinkes akan menyelenggarakan vaksinasi secara intensif di sejumlah kawasan.

“Sebelumnya telah ada pekan vaksinasi, sekarang menjadi bulan vaksinasi untuk mengejar sasaran 70 persen vaksinasi,” kata Harun.

Di Kabupaten Sukabumi, lanjut dia, penanggulangan Covid-19 sudah cukup baik sehingga fokus Dinkes sekarang ke vaksinasi. Dalam hal penanganan Covid-19, Kabupaten Sukabumi masuk level 1. Namun sayangnya pencapaian vaksinasi masih rendah sehingga PPKM masih masuk level 3. (*)