Bappeda Gencarkan Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh

oleh -
Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi (kiri) dan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) pada pembukaan lokakarya program Kotaku di Pendopo Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan lokakarya program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Lokakarya tersebut merupakan bagian dari sosialisasi persiapan penilaian program dari Kementerian PUPR tersebut.

Penyelenggaraan lokakarya bertempat di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/11/2021).  Kegiatan tersebut berlangsung secara hibrid yakni langsung tatap muka dan virtual.

Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasith menyebutkan, para peserta lokakarya berasal dari berbagai stakeholders program Kotaku yaitu anggota DPRD, Bappeda, Dinas Perkim, Dinas Tata Ruang dan Pertanahan, serta Tim Kotaku. Semuanya 28 orang.

Program Kotaku bertujuan untuk menghilangkan kawasan-kawasan kumuh di perkotaan. Melalui program ini, kawasan yang semula kumuh menjadi bersih, indah dan nyaman,  lingkungan pemukiman yang berkualitas,  serta sanitasi dan air bersihnya terjaga dengan  baik.

Lokakarya diresmikan oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri. Dalam arahannya wabup mengharapkan lokakarya dapat menghasilkan rancangan program yang implementasi pada program Kotaku di Kabupaten Sukabumi. Bagaimanapun program Kotaku harus berjalan dengan baik dan lancar.

Dengan sinergitas dan kolaborasi program Kotaku bisa berlanjut. Saat ini ada penambahan  7 kecamatan yang disertakan pada program Kotaku yaitu Sukaraja, Sukabumi, Cisaat, Cicantayan, Cibadak, Cicurug, dan Palabuanratu. 

Dalam penilaian Kotaku, ujar Iyos, Kabupaten Sukabumi harus diusahakan mencapai nilai 100 dengan kerja keras bersama serta adanya keterpaduan antara stakeholder dan komponen masyarakat  dalam penanganan kawasan kumuh.

Kegiatan lokakarya diisi dengan penandatanganan komitmen bersama dalam penanganan kota kumuh di Kabupaten Sukabumi oleh para peserta dan Wakil Bupati H. Iyos Somantri. (*)