Kondisi Jalan Desa Cikarang Sepanjang 4 Kilometer Hancur Lebur

oleh -
Ruas jalan sepanjang 4 kilometer di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi kondisinya rusak parah.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kondisi jalan di Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi sepanjang 4 kilometer hancur lebur. Ruas jalan ini tidak masuk dalam proyek perbaikan jalan pada 2020 oleh Pemkab Sukabumi. Karena itu ruas jalan tersebut tidak layak untuk dilalui kendaraan bermotor maupun pejalan kaki.

Total panjang jalan utama ke Desa Cikarang totalnya sekitar 18,7 kilometer. Dari jalan sepanjang itu, tinggal 4 kilometer yang belum diperbaiki. Tak pelak kondisi jalan tersebut dikeluhkan oleh warga.  

Jalan yang paling parah kerusakannya terdapat di Kampung Pasirhalang, Desa Cikarang. Titik ini terakhir kali diperbaiki pada 2012.

“Sudah sembilan tahun jalan ini rusak parah karena perbaikan jalan dari pemerintah kabupaten  pada tahun 2020 kemarin hanya sampai Kampung Cimahi. Padahal seharusnya sampai Pasirhalang,” kata jahidin warga Dusun Cikarang l Desa Cikarang kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Jahidin dan warga lainnya berharap kepada Pemkab Sukabumi untuk melanjutkan perbaikan ruas jalan yang menghubungkan Tagoglalay dan Mekarjaya tersebut.  

“Saya mengharapkan pemerintah segera melanjutkan perbaikan jalan ini karena  merupakan jalan ini jalan akses utama bagi kami. Sepanjang jalan Tagoglalay sampai Mekarjaya, Kampung Pasirhalang merupakan kampung yang paling padat penduduknya,” ujar Jahidin.

Kepala UPTD Pekerjaan Umum Wilayah Sagaranten Dedi menjelaskan ruas jalan tersebut tinggal tengah-tengahnya saja yang belum tergarap. Di wilayah Desa Mekarjaya dibangun sepanjang 7 km denga APBN pada tahun 2019. Dan dari arah Tagoglalay diperbaiki pada tahun 2020 yang bersumber dana APBD Kabupaten Sukabumi. 

“Sekitar 4 km lagi yang memang belum tergarap,” kata Dedi.

Dedi juga menyatakan, ruas jalan yang dari arah Mekarjaya juga sudah rusak kembali karena jalan itu merupakan jalan baru dengan kontur tanah yang belum padat. UPTD Pekerjaan Umum Wilayah Sagaranten sudah mengusulkan perbaikan yang yang belum diperbaiki tersebut. (*)