Para Ustadz Siap Berkiprah untuk Tanggulangi HIV/AIDS

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) bersama para ustadz dan ustadzh yang tergabung di dalam Ustadz Peduli AIDS (UPA).

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Para ustadz yang tergabung di dalam Ustadz Peduli AIDS (UPA) siap beraksi dan mendarmabaktikan diri untuk penanggulangan HIV/AIDS. Mereka akan ambil bagian dalam penyuluhan pencegahan HIV/AIDS hingga tingkat kecamatan dan desa.

Hal itu terungkap pada acara pengukuhan UPA di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/11/2021). Pengukuhan UPA itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri dengan jumlah peserta sebanyak 47 orang yang masing-masing mewakili kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Acara pengukuhan tersebut dirangkaian dengan workshop peningkatan kapasitas tim penyuluh pencegahan HIV/AIDS. Ketua UPA Ustaz Timan Sutiman mengatakan, tujuan workshop untuk mengoptimalkan kapasitas penyuluh di kecamatan sampai desa.

“Sehingga pada tahun 2022 UPA bisa berkiprah bersama pemerintah dalam penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Sukabumi,” terangnya. 

Sementara itu Wabup Sukabumi menyebutkan kegiatan tersebut sangat urgen dan penting mengingat pesertanya dari kalangan ustadz dan ustadzah. Dia mengharapkan para peserta workshop dapat menyampaikan kembali hasil pembekalan yang diikutinya kepada masyarakat.

“Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi memerlukan kerja sama semua stakeholder termasuk dalam hal penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat untuk menekan penyebaran HIV/AIDS,” kata Iyos. 

Wabub juga menyampaikan selamat dan apresiasi atas pengukuhan UPA. Mudah-mudahan, kata dia, UPA bisa dapat menyelenggarakan penyuluhan yang efektif kepada masyarakat terkait pentingnya mencegah penularan HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi. (*)