Desa Cisande Punya Mobil Operasional Kebersihan

oleh -
Mobil kebersihan di Desa Casande, Kecamatan Cicantayan siap melayani masyarakat dalam pengangkutan sampah dari pemukiman warga ke tempat penampungan sampah sementara.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pemdes Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi tidak pernah mengenal kata lelah dalam melahirkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Setelah sukses membangun berbagai infrastruktur, Pemdes Cisande tahun ini memiliki program andalan yakni pengadaan mobil kebersihan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di desa tersebut.

Kini mobil kebersihan ini sudah siap digunakan untuk melayani masyarakat. Dalam penggunaannya, mobil kebersihan ini akan berkeliling wilayah desa untuk mengumpulkan dan mengangkut sampah dari permukiman warga untuk dikirim ke tempat penampungan sementara.

Nantinya dari tempat penampungan sementara, sampah diangkut oleh mobil operasional Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Sukabumi.

“Pengadaan mobil kebersihan dengan Dana Desa tahun anggaran 2021. Program mobil kebersihan ini sudah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat,” kata Kepala Desa Cisande, Dasep Suryadi kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Mobil kebersihan, ujar Kades Dasep, sangat berguna untuk menunjang kebersihan lingkungan di Desa Cisande. Mobil ini akan didedikasikan sepenuhnya untuk melayani masyarakat. Mudah-mudahan, kata dia, kehadiran mobil kebersihan tersebut sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan mobil kebersihan ini dengan sebaik-baiknya guna menjaga kebersihan lingkungan. Sebab lingkungan yang bersih akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan keselamatan bersama dari ancaman bencana,” tutur Dasep. (*)