Turun ke Jalan, Anggota Satlantas Polres Sukabumi Menambal Jalan di Tanjakan Pamuruyan

oleh -
Petugas Satlantas Polres Sukabumi mengambil inisiatif untuk menambal jalan guna mencegah kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di sekitar Tanjakan Pamuruyan.

Wartawan Reno Erwan Rusmawan

Editor Wawan AS

Kesigapan Anggota Satlantas Polres Sukabumi dalam mencegah kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di jalan raya patut mendapatkan apresiasi dan penghargaan. Mereka melaksanakan kegiatan yang sebenarnya bukan tugas polisi yakni menambal jalan yang bolong di tanjakan Jalan Pamuruyan, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Ahad (21/11/2021).

Tanpa merasa risih dan takut seragamnya kotor, sejumlah anggota Satlantas Polres Sukabumi mengakuti bata, batu, tanah, dan material lainnya ke lokasi jalan berlubang. Mereka mengatur posisi material-material tersebut pada jalan berlubang untuk mengurangi dampak dari kerusakan jalan.

Melihat pengorbanan anggota Polri tersebut, secara spontan masyarakat ikut membantu menambal bagian-bagian jalan yang berlubang. Kerja sama personel Polres Sukabumi dan warga itu dapat membuat lubang jalan menjadi lebih kecil sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan bagi pengguna jalan.

Kasi Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, aksi gerak cepat yang dilakukan Anggota Satlantas Polres Sukabumi itu dilakukan atas inisiatif mereka sendiri yang tujuannya untuk mencegah kecelakaan dan kemacetan.

Asalnya ketika akan melewati bagian jalan yang berlubang, kendaraan harus mengurangi kecepatan hingga hampir berhenti sehingga memicu kemacetan arus lalu lintas.

“Apalagi posisi jalan yang rusak menyebar di tanjakan. Kondisi ini tentunya sangat menghambat para pengendara saat melintas. Setelah penambalan lubang, kendaraan tidak perlu berhenti ketika akan melewati lubang,” kata  Ipda Aah. 

Banyak kendaraan besar yang melintasi tanjakan tersebut. Petugas bersama warga melakukan pencegahan dengan cara menambal jalan berlubang agar laju kendaraan tidak terhambat ketika menanjak. (*)