Warga PNG Apresiasi Respon Cepat Dishub Perbaiki PJU

oleh -
Para petugas Seksi PJU Dishub Kota Sukabumi memperbaiki sarana PJU di Perumahan Nirwana Graha.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Warga Perum Nirwana Graha (PNG) RT 005 RW 007 Kelurahan Dayeuhluhur,  Kecamatan Warudoyong mengapresiasi kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi yang merespon cepat aduan masyarakat dalam perbaikan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) yang rusak. Berkat kerja cepat dan kerja keras aparat Dishub, warga PNG dapat menikmati lingkungan yang terang benderang.  

“Alhamdulillah aduan kami tentang kerusakan PJU yang ada di perumahan kami direspon cepat oleh jajaran Dishub. Lampu PJU di tiga titik yang asalnya padam kembali terang,” kata Ketua RT 005 PNG, H. Sultan Tato kepada wartawan, Ahad (21/11/2021).

Awalnya hanya satu lampu PJU yang padam, lanjut dia. Namun rupanya curah hujan yang tinggi membuat lampu PJU yang lain terimbas cuaca sehingga jumlah yang rusak menjadi tiga. Sebagai ketua RT, Tato menerima laporan kerusakan tiga lampu tersebut dari warga. Dia langsung meneruskannya ke kantor Dishub Kota Sukabumi pada Jumat (19/11/2021).

“Besoknya petugas Dishub sudah bergerak ke tempat yang diadukan. Sarana PJU di perumahan kami menjadi normal kembali. Untuk itu kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Dishub Kota Sukabumi,” ujarnya.

Sementara itu dihubungi melalui telepon seluler Kasi PJU pada Dishub Kota Sukabumi, Hikmat Azhari mengatakan jajarannya saat ini memang sedang fokus pada pemeliharaan PJU agar di penghujung tahun 2021 semua PJU yang padam sudah diperbaiki. Laporan masyarakat tentang kerusakan PJU akan langsung ditangani. 

“Kami juga terus melakukan koordinasi dengan PLN dan BPBD dalam melakukan pemeliharaan jaringan PJU karena perbaikan PJU sangat erat kaitannya dengan faktor alam dan jaringan listrik,” kata Hikmat.

Untuk tahun 2022 pemasangan PJU baru dilakukan berdasarkan usulan masyarakat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Bagi daerah yang tidak dijangkau oleh jaringan listrik PLN, PJU yang dipasang jenis solar cell yang mengandalkan energi matahari.

“Berdasarkan skala prioritas dari Musrenbang dan surat permohonan kepada kami, pada tahun depan jumlah PJU baru kurang lebih 10 titik,” kata Hikmat. (*)