Tim Kajian LH Strategis Kota Sukabumi Jawara Jabar

oleh -
Tim KLHS dalam rangka revisi RTRW Kota Sukabumi dinilai terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Sukabumi 2019-2039 dinyatakan sebagai tim terbaik se-Jawa Barat. Di antara 27 kota/kabupaten di Jabar, Kota Sukabumi juara dalam hal kinerja Tim KLHS.  

“Tim KLHS terbentuk dari berbagai unsur yang tugasnya merupakan salah satu tahapan dalam pembuatan RTRW,” kata Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Di dalam tim tersebut, selain Bappeda juga terdapat unsur lain yang salah satunya dari Dinas Lingkungan Hidup. Tim inilah, ujar Reni, yang melakukan kajian untuk revisi RTRW dari sisi lingkungan hidup.  

“Kota Sukabumi ini dinyatakan yang terbaik. Rencananya provinsi akan memberikan penghargaan kepada tim KLHS Kota Sukabumi pada tanggal 23 November 2021 nanti,” kata dia.

Dalam proses penilaian Tim KLHS, lanjut Reni, juri dari Pemprov Jabar menilai seluruh dokumen yang terkait dengan lingkungan hidup strategis dengan indikator antara lain kualitatif isi dokumen mulai dari analissis serta ketepatan dan kesesuaian rekomendasi pemerintah pusat, provinsi, dan daerah. Selain itu dokumen dari Bappeda dinilai dari sisi tepat waktu, tepat guna, dan tepai isinya.

KLHS, ujar dia, wajib dilaksanakan untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah ada kebijakan, rencana, dan program. Hal itu berdasarkan Pasal 15 UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Proses KLHS harus diintegrasikan ke dalam penyusunan RTRW beserta rencana rincinya, Rencana Pembangunan Jangka Panjang, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, Provinsi, dan Kota/Kota,” jelas Reni. (*)