Polres Sukabumi Kota Jadikan Prokes sebagai Fokus Operasi Zebra Lodaya 2021

oleh -
Brigadir Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Briptu Arum Halida Zia, S.Kom. menyampaikan sosialisasi prokes dan kamseltibcar lalu lintas pada Operasi Zebra Lodaya 2021.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota menjadikan protokol kesehatan (prokes) sebagai salah satu fokus dalam Operasi Zebra Lodaya tahun 2021. Melalui operasi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Polda Jabar itu, Polres Sukabumi Kota mensosialisasikan prokes 5M yang melibatkan para petugas di lapangan.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Sujana Awin Umar, S.M. mengatakan, sosialisasi prokes 5M yang terdiri dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas dilakukan di berbagai titik, terutama di titik masuk ke Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

“Jadi ada dua fokus dalam Operasi Zebra Lodaya tahun ini yaitu Kamseltibcar Lalu Lintas dan penerapan protokol kesehatan. Operasi ini mengedepankan edukasi, preemtif, dan preventif. Kami menerjunkan petugas ke beberapa ruas jalan untuk mensosliasikan peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan,” kata AKP Sujana kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Adaptasi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 harus terus diakselerasi, lanjut dia. Jajaran Polres Sukabumi ambil bagian dalam upaya meningkatkan akselerasi tersebut melalui berbagai kegiatan patroli dan sosialisas prokes serta pelaksanaan vaksinasi melalui Gerai Vaksin Presisi.

“Kami terus meyakinkan masyarakat agar membiasakan diri dalam menerapkan prokes Covid-19 guna mencegah penyebaran Covid-19. Pandemi belum benar-benar berakhir, masyarakat harus beradaptasi dengan protokol kesehatan,” ujar Kasat Lantas.  

Penerangan keliling menjadi salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan Polres Sukabumi Kota melalui Sat Lantas, lanjutnya. Hal ini merupakan bagian peningkatan pelayanan kepolisian pada warga masyarakat.

Salah satu personel yang diterjunkan ke lapangan untuk mensosialisasikan prokes adalah Brigadir Sat Lantas Briptu Arum Halida Zia, S.Kom. Bersama jajaran Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Briptu Arum stand by di jalan raya untuk menyampaikan imbauan dan sosialisasi penerapan prokes.

“Kami juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang tidak mengenakan masker. Tidak ada sanksi dalam operasi ini karena sifatnya untuk edukasi dengan pendekatan persuasif agar masyarakat terbiasa memakai masker,” kata Briptu Arum. (*)