Membangun TPT, Bukti Pemdes Munjul Perhatikan Aspirasi Masyarakat

oleh -
Pembangunan TPT di Kampung Ciaripin Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk memenuhi aspirasi masyarakat dan mencegah longsor di titik tersebut.

Wartawan Agus Setiawasn

Editor Wawan AS

Inisiatif Pemdes Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi dalam membangun TPT (tembok penahan tanah) merupakan bentuk kebijakan perangkat desa untuk memenuhi aspirasi masyarakat. Kehadiran TPT dapat meningkatkan kenyamanan warga serta menjaga keselamatan lahan dan lingkungan sekitar.

“Sudah lama warga mengusulkan pembangunan TPT, baru tahun ini bisa diwujudkan. Tentunya kami akan terus menggencarkan pembangunan TPT di titik-titik yang tanahnya rawan longsor,” kata Kepala Desa Munjul Eman Sulaeman kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Lokasi TPT yang dibangun terletak di pinggir jalan di Kampung Ciaripin RT 02 RW 09 Desa Munjul. Bentangan tembok yang dibangun persis di batas daerah jalan dengan lahan perkebunan milik warga yang konturnya berupa tebing yang cukup curam. Selama ini perlahan-lahan tanah pada batas jalan dengan tebing itu mengalami erosi.

“Warga khawatir, suatu waktu terjadi longsor pada tebing jalan tersebut. Kami sangat memperhatikan kekhawatiran tersebut. Terlebih warga sudah berkali-kali mengusulkan pembangunan TPT di Ciaripin. Jadi pembangunan TPT ini merupakan wujud kegiatan untuk memenuhi aspirasi masyarakat,” ujar Eman.

Pembangunan TPT tersebut direalisasikan dengan anggaran dari Dana Desa tahun anggaran 2021 yang besarnya mencapai Rp96.922.000. Dimensi TPT yang dibangun berukuran panjang 30 meter dengan tinggi bervariasi antara 1 meter sampai dengan 3 meter.

“Mudah-mudahan pembangunan TPT ini memberikan manfaat kepada warga desa kami dan dapat mencegah longsor atau erosi di pinggir jalan tersebut,” ungkap Eman. (*)