Harga Cabai-cabaian Kompak Naik Sebesar Dua Ribu

oleh -
Harga sejumlah sayur-sayuran termasuk aneka jenis cabai mengalami kenaikan tipis akibat berkurangnya pasokan ke pasar tradisional karena belum masuk musim panen.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Harga cabai-cabaian di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi mengalami kenaikan. Uniknya untuk tiga jenis cabai, kenaikan harganya kompak sebesar Rp2 ribu per kilogram.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional, Kamis (18/11/2021), harga cabai hijau besar mencapai Rp18 ribu, semula Rp16 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit merah naik dari Rp26 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram. Kemudian harga cabai rawit hijau menjadi Rp24 ribu atau naik Rp2 ribu dari harga sebelumnya Rp22 ribu per kilogram.

“Pekan ini terjadi kenaikan harga beberapa jenis cabai-cabaian. Kenaikan harga ini ada kaitannya dengan faktor cuaca,” kata Kepala Seksi Pengawasan Barang Strategis Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, M. Rifki. 

Saat ini di sentra-sentra produksi pertanian termasuk cabai-cabaian belum masuk musim panen. Curah hujan yang tinggi menjadi salah satu penyebabnya tertundanya musim panen komoditas sayur-sayuran.

Untuk harga minyak goreng curah masih tetap tinggi. Pekan ini masih berada di kisaran Rp18 ribu per kilogram.  Sementara harga daging ayam broiler berada di rentang harga Rp33 ribu dan Rp34 ribu per kilogram. (*)