Warga Desa Bangbayang Terus Optimalkan Fungsi Posyandu

oleh -
Pengunjung posyandu di Desa Bangbayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Warga Desa Bangbayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi terus terdorong untuk mengoptimalkan fungsi posyandu (pos pelayanan terpadu). Mereka bisa memanfaatkan posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan dasar yang berlaku untuk umum, terlebih untuk ibu dan balita.

“Kami akan terus mendorong warga agar benar-benar bisa memanfaatkan posyandu sesuai fungsinya. Selama ini peran posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sangat besar,” kata Kepala Desa Bangbayang, Ujang Suryana setelah berkunjung ke Posyandu Anyelir Cicatih 13, Selasa (16/11/2021).

Posyandu di Desa Bangbayang, ujar dia, sering juga digunakan untuk kegiatan yang ada kaitan dengan upaya meningkatkan dan menjaga kesehatan warga. Di tengah wabah Covid-19, posyandu dijadikan tempat vaksinasi. Karena posisinya mudah dijangkau dari berbagai arah, posyandu menjadi tujuan favorit untuk vaksinasi.

“Posyandu di desa kami bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan benar yakni memberikan pelayanan untuk kesehatan ibu dan anak, penimbangan balita, keluarga berencana, imunisasi, dan peningkatan gizi,” kata kades.

Pelayanan untuk ibu hamil meliputi antara lain pemeliharaan kesehatan, pemeriksaan rutin, peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, imunisasi TT, dan konsultasi persalinan. Sementara pelayanan untuk balita meliputi pemberian vitamin, penimbangan badan, dan pencatatan KMS (kartu menuju sehat).

“Posyandu juga memberikan pelayanan untuk pemberian semua jenis imunisasi yang pelaksanaannya dibantu oleh tenaga kesehatan dari puskesmas,” tuturnya.

Selama ini Pemdes Bangbayang terus mendorong warganya untuk mengoptimalkan fungsi posyandu. Karena itu, pihaknya tidak pernah berhenti untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tujuan dan fungsi posyandu bagi peningkatan kesehatan warga.

“Banyak faktor yang dapat meningkatkan minat ibu-ibu berkunjung ke posyandu antara lain pengetahuan tentang manfaat posyandu, dukungan dari para tokoh masyarakat, ketersediaan sarana dan prasarana, dan jarak tempuh. Karena itu kami berupaya untuk meningkatkan faktor-faktor tersebut supaya ibu-ibu tetap tertarik berkunjung ke posyandu,” kata Ujang. (*)