Pemdes Wangunjaya Manfaatkan Banprov untuk Renovasi Kantor

oleh -
Bagian ruang aula Kantor Desa Wangunjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi yang direnovasi dengan dana dari bantuan provinsi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pemdes Wangunjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi terus membangun dengan memberdayakan berbagai sumber dana, baik dari APBD kabupaten, bantuan Pemprov Jabar (Banprov), maupun APBN. Kades Wangunjaya, Ipin Aripin, S.P. beserta perangkat desa juga kreatif menggali dan mencari potensi-potensi dana yang dapat dialokasikan untuk membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Tahun ini sebagimana tahun-tahun sebelumnya, Desa Wangunjaya mendapatkan dana banprov sebesar Rp66.200.000. Oleh pemdes setempat, dana tersebut digunakan untuk merenovasi bangunan balai desa dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat ketika mereka datang untuk mengurus kepentingan di desa. Selain itu kami ingin memberikan ketenangan kepada perangkat desa yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk tujuan itulah, kami membangun balai desa,” kata Ipin kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan rehabilitasi tersebut meliputi semua bagian bangunan balai desa, mulai ruang rapat, ruang kerja, dan pagar di halaman. Aula desa direhabilitasi dengan mengganti dan mengecat bagian atap dan dinding. Dengan sentuhan rehabilitasi tersebut, aula dan ruang kerja menjadi lebih nyaman dan indah.

“Ruang aula ini sering digunakan untuk rapat-rapat dinas atau pertemuan musyawarah. Jadi kami perbaiki supaya mereka yang menggunakan aula akan merasa nyaman ketika mengikuti kegiatan,” jelas kades.

Sementara untuk pagar desa, rencananya bagian gerbang akan dimajukan supaya menjadi lebih luas dan leluasa. Dengan gerbang yang luas dan indah, perangkat desa siap menyambut kedatangan masyarakat atau tamu yang ada kepentingan dan urusan pelayanan atau pembangunan. (*)