Para Lansia Ikut Lomba Adzan pada Muludan di Sagaranten

oleh -
Aki Ujuk (80) tampil dengan penuh semangat ketika mengikuti lomba adzan lansia pada peringatan Muludan di DKM Al-Hikmah Mekarjaya, Sagaranten.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Semangat bersyiar Islam di wilayah Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi patut diapresiasi. Hal itu terlihat dari kekompakan dan kebersamaan warga Kampung Mekarjaya dan Kampung Cibogo, Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi dalam memperingati Mualid Nabi Muhammad atau biasa disebut Muludan.

Warga dua kampung tersebut  menggelar Muludan bersama di Masjid Al-Hikmah yang terletak di Kampung Mekarjaya RT 10 RW 04 Desa Sagaranten, Jumat (5/11/2021) sore.  

Pada Muludan itu, panitia menggelar berbagai lomba dengan hadiah uang tunai yang totalnya mencapai jutaan rupiah. Salah satu lomba yang diselenggarakan adalah lomba adzan para lansia yang pesertanya berasal dari ahli melantunkan adzan yang sudah berusia lanjut.

“Lomba adzan lansia ini diikuti para orang tua yang sudah lanjut usia. Mereka tetap semangat mengikuti lomba demi tegaknya syiar Islam,” kata Ustadz Umar selaku ketua panitia.  

Salah seorang peserta lomba adzan lansia adalah Aki Ujuk yang telah berumur 80 tahun dari Kampung Cibogo Desa Sagaranten.

Mata lomba lainnya wudlu, tahfidz ayat-ayat Al-Quran, doa qunut, dan membaca Kitab Kuning.  Kepada para juara panitia akan memberikan hadiah berupa uang tunai dengan ketentuan juara pertama sebesar Rp100 ribu, juara II Rp50 ribu, dan Rp25 ribu.

“Kami juga memberikan hadiah kepada peserta yang tidak menjadi juara sebesar Rp10 ribu per orang. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran,” jelas Umar.

Dalam lomba itu, tampil sebagai juri antara lain Agus, Yunus, dan Titeu Hilayanti. Pesertanya dari Kampung Mekarjaya dan Kampung Cibogo RT 11 RW 04. Panitia mengumpulkan dana dari masyarakat secara swadaya.  

“Perlombaan ini untuk mendorong tumbuhnya motivasi mempertahankan peringatan Muludan yang selalu disertai perlombaan keagamaan,” tutur Umar. (*)