Wali Kota Ajak Umat Islam Gebyarkan Muludan agar Merasakan Nikmat sebagai Umat Islam

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan pesan dan ceramah pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Muniroh Gang Murni RT 04 RW 08 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi mengajak umat Islam untuk menggebyarkan dan meramaikan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut Muludan agar semuanya dapat merasakan nikmat sebagai bagian dari keluarga umat Islam. Selain itu, Muludan dapat mendorong peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Pernyataan wali kota itu disampaikan saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Majelis Taklim Al-Muniroh di Masjid Al-Muniroh Gang Murni RT 04 RW 08 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu (30/10/2021). Kegiatan Muludan itu diisi dengan ceramah keagamaan oleh H. Zaenal Abidin, Lc. 

“Syiar keagamaan termasuk peringatan Maulid Nabi harus digebyarkan dan diramaikan sehingga kita dapat merasakan nikmatnya bagian dari keluarga besar umat Islam,” kata Fahmi.

Di samping itu syiar keagamaan, ujar dia, juga penting dalam rangka menjaga fluktuasi naik turunnya iman dan takwa. Muludan untuk mendorong naiknya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Melalui kegiatan tersebut, umat Islam dapat meneladani akhlak Rasulullah yang diutus untuk menyempurnakan dan memperbaiki akhlak manusia.

Belakangan ini, lanjut wali kota, syiar agama dan pendidikan agama di sekolah mengalami penurunan karena adanya pandemi Covid-19. Bagaimanapun, wabah Covid-19 berdampak pada semua sektor, termasuk kegiatan syiar Islam. Baru di penghujung tahun ini, umat Islam bisa berkumpul untuk memperingati hari besar keagamaan.

“Kita mentaati larangan untuk berkerumun untuk meminimalisir kasus baru. Alhamdulillah saat ini kasus Covid-19 menurun atau melandai sehingga dibolehkan kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker,” kata dia.

Untuk mempercepat kondisi Sukabumi sehat, warga Kota Sukabumi harus terus menjaga protokol kesehatan. Kebiasaan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, kata Fahmi, harus dipertahankan. Masyarakat juga harus ikut divaksin sebagai bagian dari ikhtiar duniawi menghentikan penyebaran Covid-19. 

“Mudah-mudahan Sukabumi cepat pulih dan sehat kembali. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi warga Kota Sukabumi. Kita juga berdoa sebagai ikhtiar batin,” ujar Fahmi. (*)