Santri Sunanul Huda Antusias Ikuti Vaksinasi oleh Polres Sukabumi Kota

oleh -
Sentra Vaksin Covid-19 yang digelar Polres Sukabumi Kota di lingkungan Pondok Pesantren Sunanul Huda Cikaroya disambut dengan antusias oleh para santri dan masyarakat sekitar.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Polres Sukabumi Kota bekerja sama dengan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dan Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) menggelar vaksinasi massal di Pondok Pesantren Sunanul Huda, Rabu (27/10/2021). Pada kegiatan itu, ratusan santri dan masyarakat yang tinggal di sekitar Pondok Pesantren Sunanul Huda sangat antusias mengikuti vaksinasi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sentra Vaksin Covid-19 Polres Sukabumi Kota di lingkungan Pesantren Sunanul Huda di Kampung Cikaroya RT 52 RW 11 Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dipenuhi oleh para santri, pelajar, dan warga yang akan mengikuti vaksinasi. Para peserta mengantre dengan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mereka memakai masker, mencuci tangan, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke tempat vaksinasi. Para peserta juga menjaga jarak ketika berada di dalam antrean dan mengikuti skrining kesehatan oleh tim vaksinator. Pada vaksinasi itu, Polres Sukabumi melayani vaksinasi dosis tahap pertama dan kedua.

“Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh pengurus pesantren, vaksinasi ini diikuti 1.000 orang. Jika perlu, jumlah tersebut dapat ditingkatkan,” kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy. Zainal Abidin ketika ditemui wartawan di Pesantren Sunanul Huda.

Vaksinasi tersebut, ujar dia, merupakan salah satu upaya Polres Sukabumi Kota untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal di Sukabumi. Polri, kata Kapolres, siap mendukung strategi pemerintah yang menargetkan vaksinasi sebesar 70 persen dari sasaran untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  

“Kami juga memberikan apresiasi kepada pihak LPS, Perbarindo, dan Pondok Pesantren Sunanul Huda yang telah mendukung terselenggaranya Sentra Vaksinasi Covid-19 ini,” kata Kapolres. 

Tingginya junlah peserta yang datang ke Sentra Vaksin Covid-19, lanjutnya, merupakan bukti masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi mendukung program vaksinasi. 

“Kami mengimbau seluruh masyarakat untuk mensukseskan penanganan Covid-19 dengan mendatangi dan mengikuti vaksinasi. Setelah melakukan vaksinasi, tetap laksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa segera terputus,” tuturnya.

Di lokasi vaksinasi, salah seorang warga yang tinggal di sekitar Pesantren Sunanul Huda Ustadz Usep Mulyana mengatakan, kesadaran masyarakat termasuk di lingkungan lembaga pendidikan keagamaan terhadap vaksinasi semakin meningkat. Mudah-mudahan, kata dia, dengan kesadaran itu, target pemerintah untuk membentuk kekebalan komunal bisa segera terwujud.

“Kami menyambut kegiatan ini karena sebagai amal baik untuk membebaskan masyarakat dari wabah penyakit yang dalam hal ini Covid-19. Saya mengajak para tetangga untuk mengikuti vaksinasi ini,” ujar Usep. (*)