Kondisi Jalan Penghubung Cipamingkis-Cikarang Amburadul  

oleh -
Badan jalan yang dipenuhi lobang berair dan dikelilingi bebatuan merupakan keadaan jalan penghubung Cipamingkis-Cikarang pada musim hujan.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kondisi jalan yang menghubungkan wilayah Desa Cipamingkis dan Desa Cikarang di Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi sangat memprihatinkan. Ruas jalan ini sulit dilalui kendaraan bermotor, baik pada musim kemarau, terlebih di musim hujan. Tidak ada mendingnya, di dua musim tersebut, ruas jalan Cipamingkis-Cikarang sama-sama amburadul.

Salah satu bagian ruas jalan yang kondisinya paling rusak adalah Tanjakan Wulung di Kedusunan Cikadu, Desa Cipamingkis. Kondisi jalan di tanjakan ini seperti di medan perang yang bopeng-bopeng dan berlubang oleh serpihan bom dan tembakan mobil. Di sepanjang tanjakan tidak ada bagian jalan yang mulus dan nyaman untuk dilewati mobil dan sepeda motor.

“Saya sering melihat di televisi, kondisi jalanan di Suriah yang hancur karena perang. Keadaan jalan di sana itu kurang lebih seperti jalan di desa kami,” kata seorang warga Desa Cipamingkis kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Secara keseluruhan ruas jalan yang panjangnya sekitar 3 kilometer itu rusak berat. Dulu jalan ini pernah dikeraskan dengan batu dan diberi lapisan aspal. Namun seiring perjalanan waktu, lapisan aspal tersebut hancur lebur karena termakan umur dan sering dilewati kendaraan serta ditempa panas dan hujan.

Pada musim kemarau, jalan ini penuh dengan debu dan jalur tanah yang membentuk pematang-pematang kecil yang disertai bebatuan yang menonjol. Sedangkan pada musim hujan, badan jalan tak ubahnya seperti kubangan kerbau yang dipenuhi lobang-lobang berisi air dan jalur tanah bercampur lumpur becek.  

“Coba lihat sebelah sana, banyak bebatuan yang tampak ke permukaan. Itu batu sangat licin, membahayakan pengemudi sepeda motor. Kadang-kadang ada batu tajam di tengah jalan,” ujar warga tersebut sambil menujuk salah satu titik di Tanjakan Wulung.   

Warga sudah sangat susah, ujar dia, mengharapkan jalan penghubung Cipamingkis-Cikarang segera diperbaiki. Karena jalur jalan ini merupakan satu-satunya akses menuju kota kecamatan dan merupakan urat nadi bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar.  

Jalan tersebut melewati tiga kedusunan yaitu Kedusunan Cikadu dan Cisuren di Desa Cipamingkis dan Kedusunan Cikarang 1 di Desa Cikarang. Lalu lintas yang di jalan ini cukup ramai karena banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang melewatinya.

Sekretaris Desa Cipamingkis Ruslan, S.Kom. menjelaskan, pihak pemerintah desa sudah mengajukan usul perbaikan jalan tersebut ke penerintah. Namun sayangnya usulan ini belum mendapat respon dari Pemkab Sukabumi.

“Kami harapkan perbaikan jalan penghubung dua desa ini cepat terwujud karena intensitas arus kendaraan dari hari ke hari semakin meningkat,” kata Ruslan. (*)