Karang Taruna Luncurkan Taman Rekreasi Daur Ulang Sampah

oleh -
Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi, Raden Kusumo Hutaripto menyampaikan rincian dan penjelasan seputar Taman Rekreasi Ecobrick di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Karang Taruna bekerja sama dengan TP PKK Kota Sukabumi serta Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) meluncurkan tempat wisata berupa Taman Rekreasi Ecobrick dan wisata edukasi kuliner di Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros. Bagian menarik dari tempat wisata tersebut adalah adanya ecobrick yang merupakan hasil pendaurulangan sampah plastik menjadi berbentuk briket untuk bahan bangunan.

Peresmian Taman Wisata Ecobrick disertai dengan kegiatan program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Kelurahan. Dua kegiatan itu diselenggarakan di Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Selasa (26/10/2021).

Ketua TP  PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi menjelaskan kegiatan  tersebut memiliki beberapa tujuan antara lain untuk menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya upaya menurunkan volume sampah dengan cara mendaur ulang.

Selain itu tujuan lainnya adalah untuk mengangkat potensi wilayah Kelurahan Jayamekar melalui wisata edukasi kuliner guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi, Raden Kusumo Hutaripto mengatakan, sampah merupakan salah satu permasalahan perkotaan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama-sama.

“Kami tertantang untuk terus meningkatkan kesadaran semua kalangan masyarakat supaya melakukan pengelolaan sampah dengan baik, salah satunya dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi ecobrick bertbentuk briket atau bata,” ujar Raden.

Daur ulang sampah menjadi ecobrick merupakan salah satu garapan Karang Taruna Kota Sukabumi yang diharapkan dapat memberikan manfaat. Beberapa bagian infrastruktur di tempat wisata itu terbuat dari plastik yang didaur ulang menjadi briket dengan berbagai bentuk.

“Mudah-mudahan ke depannya Taman Rekreasi Ecobrick menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Sukabumi,” ungkap dia. (*)