Rapur DPRD Tetapkan Tiga Raperda Menjadi Perda

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan Ketua DPRD Yudha Sukmagara didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali memperlihatkan berita acara penetapan raperda menjadi perda.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

DPRD dan Pemkab Sukabumi menetapkan tiga raperda menjadi perda pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi. Salah satu raperda yang ditetapkan menjadi perda rapat gabungan legislatif-ekseskutif itu adalah tentang pemilihan kepala desa (pilkades).

Rapat paripurna digelar di ruang utama DPRD Kabupaten Sukabumi, Jalan Jajaway Palabuhanratu, Selasa (26/10/2021). Pada rapat itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukamagara menjadi pimpinan rapat dan dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Selain Raperda tentang Pilkades, dua raperda lainnya yang ditetapkan rapat paripurna adalah Raperda tentang Penyertaan Modal Daerah kepada Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri dan Raperda tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, DPRD Kabupaten Sukabumi menerapkan Rancangan Peraturan DPRD tentang Perubahan atas Peraturan DPRD Nomor 1 tentang Tata Tertib DPRD menjadi Peraturan DPRD. 

Saat menyampaikan pendapat akhir, Bupati Sukabumi mengatakan, Perda tentang Pilkades sangat diperlukan untuk menjamin terselenggaranya pemilihan kepala desa yang demokratis dan lebih baik. Dengan ditetapkannya raperda tersebut, pilkades bisa menghasilkan kepala desa terbaik dari para calon yang menjadi peserta. 

“Kami mengharapkan pelaksanaan pilkades dapat semakin berkualitas dan menghasilkan kepala desa yang sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Marwan.

Sementara, ujar dia, Perda tentang Penyertaan Modal Daerah kepada Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri bertujuan untuk memperkuat struktur permodalan BUMD milik Pemkab Sukabumi tersebut. Perumda Agro Sukabumi Mandiri dapat memberikan dukungan pada kemajuan perekonomian daerah.

Adapun Perda tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi diarahkan untuk untuk mendukung kemajuan daerah, terutama dalam kaitan pencapaian tujuan pembangunan yang telah ditetapkan di dalam RPJMD 2021-2026.

“Raperda ini harus dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan. Semoga perangkat daerah bisa menjalankan amanah yang diembannya dengan sebaik mungkin sesuai dengan tupoksinya,” tutur bupati.

Selanjutnya ketiga perda yang telah ditetapkan itu akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Barat untuk dievaluasi sebelum diumumkan pada Lembaran Daerah. (*)