Satpol PP dan BPBD Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana untuk Masyarakat di Jayaraksa

oleh -
Pelatihan kesiapsiagaan bencana oleh Satpol PP dan BPBD Kota Sukabumi untuk para ketua RT, ketua RW, dan Linmas di Kelurahan Jayaraksa.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakran (Damkar)dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menggelar pelatihan kesiapsiagaan menghadapi bencana bagi masyarakat yang diwakili para ketua RT, ketua RW, dan anggota Linmas di Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros. Pelatihan dilangsungkan di aula Kantor Kelurahan Jayaraksa, Selasa (26/10/2021).

Pada pelatihan itu, BPBD bekerja sama dengan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi dalam memberikan materi pelatihan kesiapsiagaan bencana. Para peserta mengikuti pelatihan dengan penuh semangat dan menyimak setiap materi yang disampaikan oleh narasumber.  

Pelatihan tersebut merupakan salah satu program yang dibiayai oleh Dana Kelurahan. Kepala Seksi Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi,  Hendar Iskandarsyah menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

“Pelatihan ini sangat penting terlebih sejak pertengahan bulan September lalu, Pemerintah Kota Sukabumi telah menerbitkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi,” kata Hendar.

Pada pelatihan tersebut, para Ketua RT, RW dan Linmas diberikan wawasan mengenai penanganan kejadian kebakaran sejak dini. Mereka juga menerima materi seputar penanganan berbagai bencana yang salah satunya gempa bumi karena Kelurahan Jayaraksa yang terletak di Kecamatan Baros dilewati oleh Sesar Cimandiri. (*)