Kapolres Sukabumi Kota Terharu, Warga Antusias Ikuti Gerai Vaksin Presisi

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy. Zainal Abidin dan Ketum Perbarindo (kedua dari kiri) ketika meninjau kegiatan vaksinasi di Aula BBPBAT Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Ribuan warga Kota dan Kabupaten Sukabumi menghadiri Gebyar Vaksin Presisi di gedung Auditorium BBPBAT (Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar) Sukabumi, Jalan Salabintana, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Sabtu (23/10/2021).

Kondisi itulah yang membuat Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy. Zainal Abidin terharu bercampur bahagia. Betapa tidak, kegiatan sosial yang digelarnya mendapat respon positif dari masyarakat. AKBP Zainal terpana ketika melihat warga yang sangat bersemangat untuk mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi di BBPBAT tersebut merupakan hasil kerja sama antara Polres Sukabumi Kota dengan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dan Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia). Layanan yang disediakan berupa vaksinasi untuk dosis pertama dan dosis kedua. 

“Vaksinasi bersama LPS dan Perbarindo itu dilaksanakan sebanyak tiga kali. Dua kali di BBPBAT dan satu kali lagi di Cisaat,” Zainal.

Dari tiga kali vaksinasi tersebut, Polres Sukabumi Kota menargetkan 3.750 peserta. Pada tahap pertama bisa dicapai target sebanyak 1.700 peserta. Ditambah dengan dua kegiatan vaksinasi selanjutnya target sebanyak 3.750 peserta tersebut dapat tercapai.

Para peserta vaksinasi berasal dari kecamatan-kecamatan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota yaitu 7 kecamatan di Kota Sukabumi dan 8 kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Semua peserta datang ke tempat vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka memakai masker dan melaksanakan skrining kesehatan sebelum menerima suntikan Vaksin Covid-19. Para peserta berasal dari berbagai kalangan dilihat dari latar sosial dan umur.  

“Kami mengharapkan kekebalan komunal dapat segera terwujud di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Saat ini angka pencapaian vaksinasi semakin terus meningkat, skala PPKM semakin melandai, aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa, serta perekonomian dan sendi-sendi masyarakat dapat kembali normal,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Perbarindo, Joko Suyanto mengatakan sentra vaksinasi yang digelar bersama Polres Sukabumi Kota dan LPS merupakan salah satu upaya dalam mempercepat sebaran pencapaian vaksinasi di masyarakat. Dia bersyukur atas terselenggaranya Gerai Vaksin Presisi bersama Polres Sukabumi Kota dan LPS itu.

“Perbarindo, Polri, dan LPS ini merupakan elemen anak bangsa yang ikut serta mendukung program pemerintah. Kami mengupayakan kegiatan vaksiansi secara cepat untuk mencapai jumlah yang ditargetkan agar kesehatan masyarakat bisa segera pulih,” kata Joko. (*)