Bupati Sebut Potensi Kerja Sama dengan Azerbaijan Terbuka Lebar

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev dalam pertemuan di Pendopo Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan kerja sama antara Kabupaten Sukabumi dengan Azerbaijan terbuka lebar di berbagai bidang. Kerja sama tersebut meliputi bidang-bidang investasi, sosial budaya, pendidikan dan  sister city.

Pernyataan bupati itu disampaikan ketika menerima Duta Besar (Dubes) Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev beserta rombongan di Pendopo Sukabumi, Jumat (22/10/2021). Pertemuan itu  membahas beberapa agenda strategis seperti  peluang kerja sama.  

Bupati  mengatakan, Kabupaten Sukabumi memiliki banyak potensi,  mulai industri hingga agrowisata dan pariwisata. Salah satu objek wisata yang melegenda dan diakui dunia adalah Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). 

“Tempat pariwisata kami sangat banyak. Bahkan, di Palabuhanratu ada tempat surfing yang sangat bagus. Tempat itu seringkali dikunjungi para wisatawan asal Australia dan Jepang,” ujar Marwan.

Dari sisi investasi, banyak peluang yang bisa dikerjasamakan antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan Republik Azerbaijan. Bupati mengharapkan pertemuan dengan jajaran Kedubes Azerbaijan itu dapat ditindaklanjuti lebih teknis.

“Semoga hasil pertemuan ini bisa menjadi berkah untuk bekerja sama ke depannya. Komunikasi efektif terus berlanjut agar dapat ditindaklanjuti secara nyata,” tutur bupati. 

Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev mengatakan, maksud kedatangannya ingin melihat potensi kerja sama yang bisa dibangun antara Azerbaijan dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Kami menginginkan adanya kerja sama antara kota dan kabupaten yang ada di Azarbaijan dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Makanya, kita ingin melihat potensi kerja sama yang bisa dibangun,” ujarnya.

Jalal Mirzayev menerangkan bahwa Azerbaijan sudah menjalin kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah di Indonesia, salah satunya dengan Pemkot Bogor.

“Kerja sama salah satu kota di Azarbaijan dengan Kota Bogor sudah dimulai. Sebelum ke Kabupaten Sukabumi, kami pun bertemu  Gubernur Jawa Barat dan Jawa Timur,” ucapnya.

Masih dikatakan Jalal,  Indonesia dengan Azerbaijan mempunyai kerja sama yang sangat bagus. Bahkan hubungan bilateral dengan Indonesia sangat erat.

“Kami banyak disupport oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Hasil kunjungan ini, lanjut Jalal,  akan disampaikan ke Pemerintah Azerbaijan. Hal itu untuk dilihat daerah mana di Azerbaijan yang bisa bekerja sama dengan Kabupaten Sukabumi.

Di penghujung pertemuan, Marwan dan Jalal bertukar cendera mata sebagai kenang-kenangan dan langkah awal dari kerja sama yang lebih nyata. (*)