Mengawal Vaksinasi, Camat Ciambar dan Tim Monitoring Terjun ke Kampung Barurata

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi di Kampung Barurata, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi secara door to door dari satu rumah ke rumah lainnya.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Camat Ciambar, Kabupaten Sukabumi Hj. R. Riny Zuraidah Zakhroh, S.H., M.M. bersama tim monitoring terjun langsung ke Kampung Barurata, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kampung ini mendapat perhatian khusus karena ada salah satu warganya positif Covid-19.

Di Kampung Barurata, Camat didampingi Kepala Puskesmas Ciambar dan Bhabinkamtibmas Desa Cibunarjaya Aipda M. Chusairi. Tim melakukan pengawalan terhadap vaksinasi yang dilaksanakan secara door to door dari satu rumah ke rumah yang lainnya.

“Kami melakukan monitoring untuk mengawal vaksinasi agar dilaksanakan di bawah aturan protokol kesehatan yang ketat. Di Kampung Barurata seorang warga dinyatakan positif Covid-19,” kata Chusairi di tengah kesibukan monitoringnya, Rabu (13/10/2021).

Adanya warga yang terpapar Virus Corona diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium di RSUD Sekarwangi pada Selasa (12/10/2021). Setelah terbukti adanya warga positif Covid-19, Kampung Barurata pun mendapatkan pengawasan, khususnya dalam penerapan prokes Covid-19.

“Kami juga mensosialisasikan prokes ke warga di Kampung Barurata. Tim menyampaikan imbauan agar warga yang beraktivitas di luar rumah selalu memakai masker dan tidak berkerumun,” ujar Chusairi.

Begitu juga dalam pelaksanaan vaksinasi, warga dan tim monitoring memberlakukan prokes, terlebih tenaga kesehatan yang menjadi tim monitoring, mereka mengenakan baju hazmat dengan sistem perlindungan yang sempurna. Vaksinasi tersebut menyasar semua warga yang berdomisili di Kampung Barurata.

Dalam vaksinasi tersebut, tim vaksinator memberlakukan prosedur baku dalam pemberian suntikan Vaksin Covid-19. Semua peserta vaksinasi menjalani pengukuran suhu tubuh dan skrining kesehatan. Tim vaksinator hanya memberikan suntikan vaksin kepada warga yang memenuhi syarat kesehatan.

Karena pelayanannya menggunakan sistem jemput bola dari rumah ke rumah, pelaksanaan vaksinasi mengambil tempat di emperan rumah warga, pos ronda, posyandu, dan tempat-tempat berkumpul masyarakat. (*)