Istri Pegawai Pemda Harus Memahami Siaga Bencana

oleh -
Pemaparan materi sosialisasi siaga bencana oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Para istri pegawai pemda yang tergabung di dalam Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sukabumi harus memahami siaga bencana. Kaum istri memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana dan sangat efektif dalam mentrasfer pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana kepada keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Hal itu disampaikan Ketua DWP Kabupaten Sukabumi, Erni Ade Suryaman pada pembukaan Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana di Pendopo Sukabumi, Rabu (13/10/2021). Kegiatan sosialisasi itu mengusung tema ‘tumbuhkan budaya siaga menghadapi bencana mulai dari diri kita, keluarga, dan komunitas’. 

“Melalui sosialisasi  ini para anggota DWP dapat mengambil makna dari tangguh bencana. Apabila terjadi bencana, keluarga mereka sudah mempersiapkan diri sejak dini,” kata Erni.

Sosialisasi yang digelarnya, ujar dia, merupakan bagian dari pembinaan bagi anggota DWP untuk menambah pengetahuan dan kapasitas anggota. Materi sosialiasi disampaikan oleh nara sumber yang berkompeten antara lain Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra.

 “Seluruh proses tanggap darurat datangnya dari diri kita, keluarga, dan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kita terus membangun dan memupuk semangat untuk siap siaga dan tanggap darurat,” ujar dia.

Hendaknya hasil dari sosialisasi tangguh bencana tersebut bisa disampaikan kembali kepada anggota DWP di lingkungan instansinya masing masing sehingga semuanya  bisa memahami dalam menghadapi bencana dengan semestinya.

“Dengan kesiapsiagaan bencana kita bisa meminimalisir resiko yang muncul. Hal itu akan berbeda ketika kita tidak mengetahui sama sekali harus berbuat apa ketika terjadi bencana,” tuturnya. (*)