Wali Kota Mendorong UMKM Bisa Bermitra dengan Perusahaan Besar

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan arahan pada peresmian pelatihan dan fasilitasi pengurusan perizinan untuk para pelaku UMKM.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi atau lebih dikenal dengan sebutan Dinas Perizinan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialiasi Non Sertifikasi Fasilitas Penanaman Modal untuk para pelaku UMKM.

Bimtek dan sosialisasi selama 3 hari tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 di Hotel Taman Sari.

Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, Benny Haerani, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam menggunakan fasilitas Online Single Submission (OSS) dalam pengurusan perizinan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan DPMPTSP terhadap upaya pembentukan UMKM yang lebih profesional.

Selama ini, ujar Benny, Pemkot Sukabumi terus mendorong  para pelaku UMKM agar berkembang. Pemda juga memberikan pelatihan tentang perizinan usaha menggunakan Online Single Submission Risked Based Approach (OSS-RBA).

Sementara Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya mengharapkan bahwa melalui bimtek dan sosialisasi, UMKM bisa naik kelas dan bermitra dengan berbagai perusahaan besar sehingga bisa lebih maju dan berkembang.

Wali Kota juga menyebutkan, pada bulan Desember mendatang, Pemkot Sukabumi akan mengoperasikan mal pelayanan publik di Toserba Tiara. Melalui mal pelayanan publik tersebut, proses pengurusan 27 perizinan akan lebih mudah karena berpusat di satu tempat. Hendaknya pelaku UMKM memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Agar UMKM bisa naik kelas, dinas terkait memfasilitasi pelatihan menggunakan OSS-RBA dalam mengurusi perizinan usaha,” ujar wali kota.

Pemda juga membantu UMKM dalam mengurusi label halal untuk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). DPMPTSP terus mendorong pelaku UMKM agar dapat bermitra dengan perusahaan besar. Syarat untuk bermitra, UMKM harus melengkapi perizinan yang ditempuh melalui layanan OSS-RBA.

“Saya mengharapkan UMKM bisa naik kelas, kuat, dan tumbuh pesat setelah mengikuti bimtek dan pelatihan ini,” ujarnya. (*)