Bahu-membahu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Munjul Sukabumi Sukseskan Vaksinasi

oleh -
Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Serda Edi Sukoyo dan Aipda M. Chusairi selalu bersinergi dalam monitoring pelaksanaan vaksinasi di desa binaannya.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi selalu kompak dan bahu-membahu untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 di desa binaannya itu. Keduanya selalu turun ke bawah (turba) untuk melakukan monitoring vaksinasi.

Dua aparat negara yang bertugas di Desa Munjul itu masing-masing Bhabinkamtibmas Aipda M. Chusairi dan Babinsa Serda Edi Sukoyo. Pada Selasa (12/10/2021), mereka bersama-sama melakukan monitoring vaksinasi di RW 08 dan RW 09 Desa Munjul. Pada monitoring tersebut, keduanya didampingi Sekretaris Desa Munjul, Ujang.

“Kami ingin memastikan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Desa Munjul dapat berjalan lancar dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Vaksinasi ini penting untuk membentuk imunitas komunal di Desa Munjul dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Chusairi ketika ditemui di posyandu RW 08.

Sebagai aparat TNI dan Polri yang bertugas dalam pembinaan masyarakat, Chusairi dan Edi juga bertanggung jawab terlaksananya protokol kesehatan (prokes) di Desa Munjul. Karena itu, dalam monitoringnya, mereka juga mensosialisasikan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas keluar rumah.

“Alhamdulillah, masyarakat di Desa Munjul pada umumnya memahami dan melaksanakan protokol kesehatan. Kami bersama Babinsa dan perangkat desa terus-menerus mensosialisasikan prokes 5M,” ujar Chusairi.

Begitu pula dalam pelaksanaan vaksinasi, petugas dan peserta semuanya memakai masker dan menjaga jarak. Para peserta vaksinasi sebelumnya menjalani skirining kesehatan untuk diketahui kesiapan dan kondisi tubuhnya dalam menerima suntikan Vaksin Covid-19. Warga yang kurang sehat, vaksinasinya ditunda.

Di tempat yang sama Serda Edi Sukoyo mengatakan, kerja sama antar aparat sangat dibutuhkan untuk mendukung percepatan kenaikan persentase warga tervaksin. Edi yakin, sinergitas antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan pemerintah desa dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di Desa Munjul.

“Kami juga terus mengimbau warga untuk tetap melaksanakan aturan prokes walaupun mereka telah divaksin. Karena Covid-19 masih tetap mengancam kita,” ujar Edi. (*)