HUT ke-17, BPR Bagikan Santunan kepada Warga Desa Girijaya

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyerahkan santunan kepada warga binaan P2WKSS di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahudalam rangka peringatan HUT ke-17 BPR Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Peringatan HUT ke-17 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi memiliki kesan khusus bagi warga Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Pada kegiatan itu, BPR milik Pemkab Sukabumi tersebut membagikan santunan kepada 102 warga Desa Girijaya yang merupakan binaan dari program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Acara HUT ke-17 BPR Sukabumi itu diselenggarakan di Kampung Cidadap Desa Girijaya, Selasa (12/10/2021). BPR Sukabumi memperingati HUT-nya setiap tanggal 12 Oktober. Di tempat acara tampak hadir Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Somantri  dan  Direktur Utama Perumda BPR Sukabumi Engkos Rosidin dan jajaran.

“Tema kegiatan ini adalah “Satu Tujuan Sukabumi Maju dan Peduli dengan Berbagi”. Pada setiap peringatan HUT BPR Sukabumi, kami  melakukan bakti sosial sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat,” kata Engkos dalam sambutannya.

Salah satu pertimbangan acara HUT digelar di Desa Girijaya, ujar dia, karena di desa ini sektor ekonomi khususnya UMKM bertumbuh dengan baik. Pada kesempatan itu BPR Sukabumi juga membangun Taman Ramah Anak untuk mendukung P2WKSS yang bekerja sama dengan Perumda Air Minum TJM dan Perumda Aneka Tambang dan Energi. 

“Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk memaksimalkan peranan wanita dalam masyarakat dalam menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera. Kami mengemban visi dan misi mengembangkan perekonomian khususnya usaha mikro dan kecil sebagai basis ekonomi masyarakat,” ujar Engkos.

Dirut BPR Sukabumi menambahkan, bank perkreditan yang dipimpinnya hadir untuk memberikan solusi finansial bagi pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi, terutama di wilayah perdesaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Di tempat yang sama Wabup Iyos menyampaikan apresiasi atas dukungan BPR Sukabumi kepada program P2WKSS. Dia juga memuji perkembangan BPR yang cukup pesat di wilayah Kecamatan Cidahu dan mendukung kemajuan usaha mikro. Wabup mengharapkan kantor kas di Cidahu dapat ditingkatkan menjadi kantor cabang.  

“Kami meminta jajaran BPR Sukabumi terus menjaga kekompakan, sinergitas, dan bersama-sama mewujudkan visi misi Kabupaten Sukabumi,” tuturnya. 

Di penghujung acara, wabup dan Dirut Perumda BPR serta Camat Cidahu menyerahkan santunan secara simbolis kepada masyarakat penerima manfaat. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian santunan untuk anak yatim piatu oleh STAI Kharisma Cicurug.

Iyos berserta rombongan lalu meninjau lokasi kegiatan P2WKSS dan melihat kegiatan pembangunan rumah tidak layak huni. (*)