Program Vaksinasi Percepat Pencapaian Target KTP

oleh -
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Program vaksinasi Covid-19 berdampak positif terhadap pencapaian target pembuatan KTP oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi. Sejak vaksinasi digulirkan, pembuatan KTP dan kartu keluarga (KK) mengalami peningkatan yang cukup pesat karena KTP merupakan syarat dari vaksinasi Covid-19.

“Syarat untuk divaksin warga harus memiliki Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang tercantum pada KTP dan KK. Karena itu program vaksinasi mendorong warga untuk mengurus dan membuat KTP,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Sejak awal bulan Januari 2021, ujar dia, terjadi peningkatan permohonan  KTP bersamaan dengan digulirkannya program vaksinasi Covid-19. Karena permintaan terus naik, sampai sekarang pencapaian target KTP di Kota Sukabumi sudah mencapai 99,50 persen. Tinggal 0,5 persen warga yang belum mempunyai KTP.

Selain adanya dampak dari program vaksinasi, pencapaian tersebut juga berkat gencarnya sosialisasi tentang kemudahan membuat KTP yang dilakukan jajaran Disdukcapil sejak akhir bulan Desember 2020.

“Untuk mengantipasi penegakan protokol kesehatan, kami memberlakukan pelayanan secara online agar tidak terjadi kerumunan dalam pelayanan administrasi kependudukan. Masyarakat menjadi terbiasa dengan layanan online yang lebih cepat dan tanpa harus tatap muka,” kata Kardina.

Berbicara tentang persediaan blanko KTP yang pembuatannya secara elektronik, Kardina memastikan dapat mencukupi dan aman.

Disdukcapil kota juga berhasil mencapai target KIA (Kartu Identitas Anak) yang sudah mencapai 45 persen atau lebih besar dari target nasional yang ditetapkan sebanyak 30 persen.

“Bukan hanya KTP, KIA juga terus kita galakan ke masyarakat. Ini untuk mengantisipasi ketentuan harus memiliki KIA ketika anak-anak akan masuk sekolah,” ujar dia. (*)