PT Royal Puspita Fasilitasi Gebyar Vaksin Industri Bersama Kadin

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi karyawan PT Royal Puspita dan masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik mainan tersebut yang diselenggarakan oleh Kadin Indonesia Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

PT Royal Puspita berperan serta aktif dan memfasilitasi penyelenggaraan gebyar vaksin yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Kabupaten Sukabumi. Dalam vaksinasi tersebut, perusahaan mainan ini melibatkan sekitar 1.200 orang karyawan dan masyarakat di sekitar pabrik dengan target prioritas warga lanjut usia (lansia).

Gebyar vaksin bertema ‘Sukabumi Sehat, Sukabumi Maju’ itu diselenggarakan di kompleks pabrik PT Royal Puspita di Jalan Angkrong Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Sabtu (2/10/2021). Pelaksanaan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan para peserta memakai masker dan  menjaga jarak ketika berada di dalam antrean.

Para akseptor Vaksin Covid-19 mengantre dengan tertib. Mereka menjalani skrining kesehatan untuk diketahui kondisi tubuhnya dalam menerima suntikan vaksin. Peserta yang lulus pemeriksaan kesehatan langsung diarahkan ke meja vaksinasi. Setelah divaksin para akseptor menjalani observasi untuk memastikan tidak mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Manager HRD PT. Royal Puspita,  Nia Surwati mengatakan, tujuan vaksinasi bersama Kadin Indonesia itu adalah untuk menjaga stabilitas produksi dan investasi yakni dengan mencegah para karyawannya terpapar Covid-19. Sekarang vaksinasi telah menjadi salah satu syarat yang ditetapkan regulasi bagi lingkungan industri.

“Kami sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan Kadin Indonesia Kabupaten Sukabumi dalam program vaksinasi. Ini merupakan salah satu upaya kami dalam menjaga keberlangsungan produktivitas pabrik,” tutur Nia.

Untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, PT Royal Puspita mengeluarkan anggaran dari dana CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab kesehatan perusahaan.

Di tempat kegiatan tampak hadir Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, dr. Rika Mutiara, Ketua Kadin Kabupaten Sukabumi Tresna Wijaya, Ketua Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Kabupaten Sukabumi, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sukabumi. 

“Kami melakukan monitoring karena pemerintah harus hadir di saat masyarakat sedang berupaya dengan ikhtiar kesehatannya. Terlebih kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya kami dalam percepatan pembentukan herd immunity  di Kabupaten Sukabumi,” kata Rika.  

Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Rika Mutiara (keempat dari kiri) bersama Ketua Kadin Indonesia Kabupaten Sukabumi Tresna Wijaya (kedua dari kanan)  dan Ketua Asklin Kabupaten Sukabumi dr. Jimmy Permana (ketiga dari kanan) setelah  mengikuti vaksinasi Covid-19 di PT Royal Puspita, Parungkuda.

Vaksinasi di PT Royal Puspita, ujar dia, dapat memberikan kontribusi yang signifikans terhadap pencapaian herd immunity atau kekebalan komunal.  Mewakili Pemkab Sukabumi, Rika menyampaikan  terima kasih kepada Kadin Indonesia Kabupaten Sukabumi yang telah mempelopri vaksin bagi industri bertema Sukabumi Sehat, Sukabumi Maju.

“Apalagi di dalamnya melibatkan karyawan  pabrik sebagai akseptor vaksinasi dan masyarakat sekitar dengan prioritas lansia. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ucap Rika.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi mengharapkan ke depannya Kadin Indonesia dapat bekerja sama dengan stakeholder ketenagakerjaan dalam menyelenggarakan vaksinasi tersebut seperti Disnakertrans dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peninjauan fasilitas kesehatan dari Kadin Indonesia Kabupaten Sukabumi berupa swab mobile dan ambulans reaksi cepat yang di dalamnya terdapat peralatan untuk penanganan pasien Covid-19. (*)