Operasi Pekat, Satpol PP Amankan 2 Wanita dan Miras di Kawasan Cicurug

oleh -
Para petugas dari Satpol PP Kabupaten Sukabumi mengamankan miras pada Operasi Pekat yang digelar di kawasan Cicurug dan sekitarnya.

Wartawan Reno Erwan Rusmawan

Editor Wawan AS

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi berhasil mengamankan dua orang wanita dan 27 botol minuman keras dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) di kawasan Cicurug dan sekitarnya, Rabu (22/9/2021) malam. Para petugas Operasi Pekat menemukan fakta, kedua wanita itu berasal dari luar daerah.

“Dari Operasi Pekat tadi malam, kami menemukan dua orang wanita dari luar Kabupaten Sukabumi yang terindikasi sedang melakukan aktivitas yang dikategorikan penyakit masyarakat,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi Dody Rukman Meidianto, Kamis (23/9/2021) pagi.

Kepada para pelaku pekat, petugas tidak mengambil tindakan hukum. Mereka hanya diminta untuk berjanji tidak mengulangi perbuatannya yang dinyatakan secara tertulis melalui surat pernyataan. Namun untuk miras diamankan oleh petugas untuk dimusnahkan karena keberadaannya dilarang di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Operasi dipimpin langsung oleh Dody yang didampingi Camat Cicurug Ading bersama unsur Forkopimcam lainnya. Dalam operasi dilibatkan pula unsur TNI dan Polri.

“Operasi Pekat merupakan kegiatan rutin untuk cipta kondisi keamanan, ketertiban,  dan ketentraman masyarakat. Kegiatan ini kami lakukan secara periodik untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat dari gangguan penyakit masyarakat,” ujar Dodi. 

Operasi Pekat  melibatkan 40 personel Satpol PP, 3 anggota TNI, dan  9 anggota Polri. Pada oeprasi itu diterjunkan pula 7 anggota Satpol PP Kecamatan Cicurug dan 3 orang anggota Satpol PP Kelurahan Cicurug. 

Dody menyebutkan, dasar hukum dari operasi yang digelarnya adalah Perda Nomor  5 Tahun 2015 tentang Pelarangan Pelacuran dan Perbuatan Asusila, Perda Nomor 7 Tahun 2015 tentang Larangan Minuman Beralkohol, Perda Nomor 10  Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dan Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 10  Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.  

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat sehingga Operasi Pekat bisa dilaksanakan dengan baik  sesuai yang direncanakan. Terima kasih kepada rekan-rekan dari TNI, Polri, Camat, jajaran Forkopimcam Cicurug, serta jajaran Satpol PP yang telah bersinergi dalam kegiatan ini. Sinergitas ini akan kita pertahankan demi terciptanya kenyamanan dan ketertiban,” ujar Dody. (*)