Bupati Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria 2021

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah dari program redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria di Pendopo Sukabumi disaksikan Kepala Kantor Pertanahan/BPN Kabupaten Sukabumi Bernardus Wijanarko.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan sertifikat dari program Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) tahun 2021 di Pendopo Sukabumi. Dia juga mengucapkan selamat kepada para penerima sertifikat dari proses reforma agraria.

Jumlah bidang tanah yang telah disertifikasi melalui program TORA tahun 2021 mencapai 2.061 bidang dari target 4.000 bidang. Namun penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis kepada 10 perwakilan pemilik lahan. Pembagian dilakukan pada Rabu (22/9/2021).

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan sertifikat itu merupakan bukti sah kepemilikan tanah. Dengan sertifikat tersebut, tanah yang dimiliki peserta program TORA telah memiliki kepastian hukum dalam hal kepemilikannya. 

“Dokumen ini penting dan harus dijaga dengan baik, jangan sampai hilang. Program TORA merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan untuk pembuatan sertifikat tanah. Para pemilik tanah harus  bersyukur atas diterimanya sertifikat ini. Jaga baik-baik, jangan sampai dijual,” ujar Marwan.

Setelah kegiatan, bupati bersama hadirin  menyaksikan penyerahan sertifikat redistribusi TORA tahun 2021 oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan/BPN Kabupaten Sukabumi Bernardus Wijanarko menjelaskan, penyerahan sertifikat redistribusi TORA tahun 2021 dilakukan serentak se-Indonesia.  Kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian HUT ke-61 Undang- Undang Pokok Agraria. 

Setelah penyerahan secara simbolis oleh bupati, kata Wijanarko, pembagian sertifikat redistribusi tanah dilakukan secara bertahap kepada masyarakat. (*)