Pemdes Ciambar Manfaatkan Dana Banprov untuk Rehab Balai Desa

oleh -
Pembangunan balai desa di Desa Ciambar Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi menggunakan dana bantuan dari Pemprov Jabar.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Karena sudah mendesak dan sifatnya urgen, rehabilitas balai desa mendapat prioritas dari Pemdes Ciambar. Ketika desa yang terletak di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi ini mendapat bantuan keuangan dari Pemprov Jabar (banprov) tahun ini, pemdes setempat langsung menggunakan dana tersebut untuk merehab balai desa. 

“Tahun ini, kami menggunakan bantuan keuangan dari provinsi untuk merehab bangunan balai desa. Rehab balai desa ini tidak bisa ditunda-tunda karena kondisi bangunan membutuhkan perbaikan di beberapa bagian,” kata Kepala Desa Ciambar, Suparkah, S.Pd. kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Kalau bagian yang rusak dibiarkan, dia khawatir bangunan balai desa bertambah keropos dan rapuh. Jadi rehabilitasi bangunan balai desa sudah urgen dan masuk skala prioritas.

Besarnya banprov yang diterima Desa Ciambar mencapai Rp62.250.000. Dana sebesar itu digunakan untuk merehab bangunan lantai 1 dan membuat bangunan lantai 2. Mudah-mudahan, ujar kades, rehabilitasi bangunan balai desa dapat diselesaikan dengan dana sebesar itu.

“Sudah lama kami menginginkan pembangunan dan rehabilitasi balai desa ini. Selama ini kami belum memiliki sumber dananya. Jadi kami putuskan banprov tahun ini untuk merehabilitasi balai desa,” tutur dia.

Setelah bangunan balai desa selesai direhab, lanjutnya, Suparkah yakin jajarannya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dia minta doa dan dorongan dari masyarakat agar pelaksana pembangunan dapat menyelesaikan kegiatannya tepat waktu. (*)