Antusias Remaja Mendorong Percepatan Target Vaksinasi di Kota Sukabumi

oleh -
Pemberian suntikan Vaksin Covid-19 bagi para remaja dari kalangan pelajar di Kota Sukabumi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan pencapaian target vaksinasi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan Aries Setiawan

Antusias para remaja dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 mendorong percepatan target vaksinasi di Kota Sukabumi. Para pelajar selalu memenuhi tempat vaksinasi Covid-19 di sekolah, puskemas, dan tempat-tempat lainnya. Berkat semangat para remaja itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi optimis target vaksinasi 100 persen dapat tercapai pada bulan Desember 2021.

“Dengan tingginya antusias para remaja, kami semakin optimis dapat mengejar target vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi akhir tahun ini,” kata  Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati ketika dihubungi wartawan lewat telepon seluler, Ahad (19/9/2021).

Hasrat para remaja yang berumur di atas 12 tahun itu terhadap vaksinasi, ujar dia, terjadi menjelang diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM). Salah satu syarat PTM adalah para guru dan siswa harus sudah mengikuti vaksinasi.

“Kami harapkan antusias para remaja ini dapat diikuti oleh warga dari kelompok umur yang lainnya,” kata Lulis.

Tingginya minat remaja terhadap vaksinasi, lanjut dia, dapat mengimbangi rendahnya pencapaian untuk kalangan lansia yang baru mencapai sekitar 37 persen. Guna meningkatkan persentase vaksinasi kalangan lansia, Dinkes akan menempuh strategi door to door disertai pembagian sembako.

Kepala P2P Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati.

Dinkes juga bekerja sama dengan berbagai instansi untuk menggencarkan vaksinasi seperti Polri, TNI, dan perangkat daerah lain. Baru-baru ini Dinas Perhubungan Kota Sukabumi pada peringatan Harhubnas menyelenggarakan vaksinasi dan pembagian sembako untuk 1.000 orang. 

Berdasarkan hasil evaluasi, persentase vaksinasi di Kota Sukabumi mencapai sekitar 60 persen dari target 269.834 orang. 

Program vaksinasi yang disertai pembagian sembako, ujar Lulis, dapat menarik animo masyarakat. Untuk itu Dinkes akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menggencarkan vaksinasi dan pembagian sembako. Dalam waktu dekat, Bank BJB Sukabumi akan menyelenggarakan vaksinasi bagi lansia plus pembagian sembako. 

Hal itu dibenarkan oleh Pimpinan Cabang Bank BJB Sukabumi, Nurachman Wijaya yang dihubungi secara terpisah. Bank BJB Cabang Sukabumi akan bekerja sama dengan Pemkot Sukabumi untuk menyelenggarakan vaksinasi Covid-19. 

“Kami ingin membantu pemerintah daerah untuk mendorong percepatan vaksinasi agar masyarakat bisa terbebas dari ancaman Covid-19,” ujar Nurachman. (*)