Penilik Ambil Bagian Penting dalam Pembangunan Pendidikan

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) ketika menghadiri acara peringatan HUT ke-15 IPI secara virtual.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Peran para penilik dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Sukabumi tidak perlu diragukan. Selama ini, para penilik telah menjadi bagian penting dalam perkembangan dan kemajuan pendidikan. Oleh karena itu sudah sewajarnya pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada para penilik.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) H. Iyos Somantri pada peringatan HUT ke-15 Ikatan Penilik Indonesia (IPI) di Hotel Sukabumi, Selabintana, Kamis (16/9/2021). Wabup pun menyampaikan apresiasi kepada para penilik yang tergabung dalam IPI Kabupaten Sukabumi yang terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“IPI semakin kuat dan solid dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi sesuai dengan kebijakan pemerintah dan mekanisme yang berlaku,” ujar wabup.

Wabup berharap kepada seluruh pengurus dan anggota IPI dapat menjadikan peringatan HUT ini sebagai momentum untuk memotivasi dan mewujudkan penilik di Kabupaten Sukabumi lebih berkualitas, sejahtera, dan bermartabat.

“Penilik harus mampu terus berkontribusi positif dalam upaya peningkatan  mutu pendidikan antara lain melalui evaluasi dampak program pendidikan usia dini, pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, serta kursus pada jalur nonformal dan informal,” tuturnya. 

Ke depan peran dan fungsi IPI Kabupaten Sukabumi dapat memberikan solusi dalam penanganan sumber daya manusia pada tatanan tenaga kependidikan, tenaga pendidik, dan peserta didik. Hal ini penting untuk mendorong tercapainya misi  pertama  Pemerintah Kabupaten Sukabumi yaitu membangun sumber daya manusia yang beriman, berbudaya,  dan berdaya saing.

Peringatan HUT ke-15 IPI dilangsungkan secara virtual. Sebelumnya Wakil Ketua II IPI, Dindin Haerudin menyatakan bahwa IPI merupakan organisasi penilik dengan tujuan untuk menggalang silaturahmi dan wadah aspirasi bagi para penilik.

“Seluruh anggota IPI secara bersama-sama meningkatkan kompetensi penilik sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi,” ujar Dindin. (*)