Dinkes Kabupaten Sukabumi Targetkan Vaksinasi 50 Persen pada Akhir September

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri (tengah) memimpin rapat evaluasi PPKM level 2 untuk mendorong pencapaian target vaksinasi 50 persen di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan Aries Setiawan 

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi mentargetkan vaksinasi mencapai 50 persen dari warga yang harus diberi suntikan Vaksin Covid-19 pada akhir bulan September nanti. Jika target ini tidak tercapai, Kabupaten Sukabumi  bisa terancam naik lagi risiko penyebaran dan level PPKM-nya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi  H. Harun Alrasyid pada rapat evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 bertempat di salah satu hotel di kawasan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/9/2021).

Rapat evaluasi dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri didampingi Sekda Ade Suryaman. Kepala Dinkes menyampaikan, target tersebut dapat dicapai dengan kerja keras dan kerja bersama.

“Karena kalau tidak tercapai kabupaten Sukabumi bisa naik lagi level risikonya. Semua pihak di Kabupaten Sukabumi harus mendukung upaya pencapaian target vaksinasi tersebut,” kata Harun.

Vaksinasi harus terus ditingkatkan baik untuk sasaran  lansia, remaja, masyarakat umum, dan para pelajar supaya target bisa tercapai, lanjutnya.  Rapat evaluasi menghadirkan puskesmas yang capaian vaksinasinya di bawah 25 persen. Puskesmas tersebut akan didorong untuk meningkatkan persentase vaksinasinya.  

Di tempat yang sama Wakil Bupati Sukabumi mengatakan dalam evaluasi percepatan vaksinasi bersama Gubernur Jabar terungkap, percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi dinilai berjalan lambat. Karena itu, Iyos mengajak jajaran Dinkes dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong peningkatan persentase vaksinasi.  

“Sekarang masih ada tersisa 53.000 vaksin. Kita bergerak cepat untuk vaksinasi bagi lansia karena kelompok usia ini rentan terpapar Covid-19. Teknis di lapangan semua pihak bisa membantu untuk membuka lemungkinan melakukan vaksinasi di tiap RW,” kata wabup. 

Iyos pun minta camat dan  kepala desa untuk memobilisasi masyarakat agar ikut vaksinasi sehingga target 50 persen bisa terwujud.

Wakil bupati berharap kepada semua stekholder agar bekerja keras, bersinergi, serta kerja bersama untuk mencapai sasaran yang ditetapkan. Tujuannya agar Kabupaten Sukabumi bisa mencapai level 1 PPKM atau bahkan menjadi zona bebas Covid-19. (*)