Akod dan S-Mart Luncurkan Kolaborasi Layanan Transportasi dan Belanja Online

oleh -
Direktur PT Bumi Kreasi Investama Budhy Lesmana (kiri), Direktur S-Mart Giffary Shadira Putra (tengah) bersama Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami pada peluncuran kerja sama aplikasi Akoda dan S-Mart.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

PT Bumi Kreasi Investama bergandengan tangan dengan jaringan minimarket S-Mart meluncurkan kerja sama layanan transportasi online dan belanja melalui niaga elektronik. Dalam kerja sama ini, PT Bumi Kreasi Investama mempersembahkan aplikasi transportasi online bernama Akod sebagai produk asli Sukabumi, sementara S-Mart menyediakan produk-produk bermutu dengan harga bersaing.

MoU kerja sama tersebut ditandatangani Direktur PT Bumi Kreasi Investama Budhy Lesmana dan Direktur S-Mart, Giffary Shadira Putra di Minimarket S-Mart di Jalan Otista, Rabu (15/9/2021). Pada peluncuran kerja sama itu tampak hadir Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan Hamami.

“Hari ini merupakan momentum bersejarah di Sukabumi yang mana kekuatan pribumi antara aplikasi transportasi online ‘Akod’ dengan S-Mart hadir dalam rangka memberdayakan ekonomi umat,” kata Budhy setelah penandatanganan MoU kerja sama.

Melalui kerja sama tersebut, ujar dia, S-Mart siap melayani kebutuhan masyarakat Sukabumi, baik untuk layanan transportasi maupun belanja market place secara online. Masyarakat Kota maupun Kabupaten Sukabumi sudah bisa mengakses aplikasi Akod untuk memenuhi kebutuhan jasa transportasi online dan belanja kebutuhan sehari-hari di S-Mart. 

“Ada pembeda antara aplikasi transportasi Akod dengan aplikasi lain. Kami mencetak driver Akod terbaik. Para driver Akod akan mengutamakan keselamatan para penumpang karena mereka driver yang bertakwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upaya mencetak driver yang bertakwa, pengembang aplikasi Akod mematikan aplikasi secara otomatis ketika suara adzan bergema. Saat itu para driver akan menghentikan aktivitasnya di jalan untuk menunaikan kewajiban ibadah sholat berjamaah di masjid. Setelah selesai shalat, aplikasi akan kembali aktif.

Minimarket S-Mart siap melayani konsumen yang akan berbelanja secara online melalui aplikasi Akod.

“Berbicara tarif, kami juga mengambil tarif yang familiar dengan masyarakat tanpa harus mematikan pendapatan driver. Baik untuk sepeda motor maupun mobil,” kata Budhy.

Lazimnya, lanjut dia, dalam mensiasati persaingan bisnis ada sebagian aplikator yang memasang tarif rendah yang berdampak penghasilan driver menjadi minim. Aplikator Akod tidak memainkan tarif seperti itu. Prinsip dasarnya adalah semua merasa senang, baik penumpang, driver, dan aplikator. 

Sementara itu Direktur S-Mart, Giffary Shadira Putra menyatakan senang bisa bekerja sama dengan Akod. Selama ini S-Mart belum memiliki wadah dan mitra untuk mendukung pengiriman barang melalui belanja online. 

Direktur PT Bumi Kreasi Investama Budhy Lesmana (kiri) dan Direktur S-Mart Giffary Shadira Putra sepakat bergandengan tangan untuk memajukan ekonomi masyarakat.

“Kini ada Akod yang merupakan produk asli Sukabumi. Ini aplikasi yang tepat untuk mendistribusikan barang-barang di S-Mart ke wilayah Sukabumi. Kami menyediakan barang dengan harga terbaik yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Giffary.

Kerja sama yang terjalin antara Akod dan S-Mart, lanjut dia, dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan barang tanpa harus keluar rumah. Giffary menjamin, harga di S-Mart lebih murah dibandingkan harga di minimarket lainnya. Pemilik warung dan rumah tangga bisa memanfaatkan penawaran menarik ini.

“Kami menjamin harga di S-Mart lebih murah karena kami punya harga  yang berbeda-beda baik untuk konsumen langsung,  harga untuk mitra, dan grosir,”terangnya.

S-Mart juga memfasilitasi pemasaran produk-produk UMKM  Sukabumi.  Giffary mengharapkan kerja sama dengan Akod bisa mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat Sukabumi. (*)