Akhirnya, Pengembang Pasar Pelita Serahkan Kunci kepada Pedagang

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyampaikan syukur atas selesainya pembangunan Pasar Pelita dan dapat segera diisi oleh para pedagang.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Pembangunan Pasar Pelita secara resmi dinyatakan selesai prosesnya. Hal itu ditandai dengan penyerahan kunci kios secara simbolis dari pengembang PT. Fortunindo Artha Perkasa (FAP) kepada perwakilan pedagang.

Penyerahan kunci tersebut dilakukan pada sosialisasi Pasar Pelita, Sabtu (11/9/2021). Kunci kios dan tempat berjualan lainnya diserahkan kepada beberapa pedagang yang telah menyelesaikan akad jual beli dengan pihak PT FAP.

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Andri Setiawan Hamami, Ketua DPRD Kota Sukabumi H. Kamal Suherman, perwakilan pengembang, dan perwakilan para pedagang.  

Pada acara itu Direktur Utama PT. FAP, Hartono menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menunggu Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bangunan gedung untuk Pasar Pelita yang baru saja selesai pembangunannya. Diperkirakan SLF akan terbit antara 2 – 3 minggu ke depan.

“Para pedagang yang telah menyelesaikan akad pembelian kios dapat segera mengisi Pasar Pelita tetapi belum diperbolehkan untuk melakukan transaksi perdagangan karena masih menunggu SLF,” kata Hartono.

Dia menjelaskan, dari sekitar 2.700 kios yang dibangun di Pasar Pelita, sebanyak 40 persen telah terjual. Guna memberikan keringanan kepada para pedagang dalam mendapatkan kios, PT. FAP bekerja sama dengan Bank Sinar Mas memfasilitasi penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Sementara Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menyampaikan  syukur atas selesainya pembangunan Pasar Pelita. Para pedagang, ujar dia, bisa segera memasuki dan mengisi tempat berjualan di Pasar Pelita.

“Pemerintah Kota Sukabumi dalam mendukung keberadaan Pasar Pelita akan segera melakukan percepatan penataan kawasan di sekitar pasar ini,”kata Fahmi.

Hal ini dilakukan agar Kota Sukabumi siap menghadapi tantangan di masa depan serta memberikan kenyamanan kepada warga maupun pendatang. 

Wali Kota juga mengimbau kepada PT. FAP selaku pengembang Pasar Pelita untuk terus membuka ruang komunikasi dengan para pedagang. (*)