Sekda Sosialisasikan Kawasan Pedestrian kepada Para Pemilik Toko

oleh -
Sosialisasi pembangunan kawasan pedestrian di seputar Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi oleh Sekda Dida Sembada kepadapara pemilik toko.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Ini ada kabar gembira bagi para pejalan kaki di Kota Sukabumi. Pemerintah Kota Sukabumi berencana mengubah Jalan Ahmad Yani sebagai kawasan pedestrian yang ramah bagi pejalan kaki. Melalui penataan ini nantinya kawasan tersebut akan lebih diutamakan bagi para pejalan kaki ketimbang kendaraan.

Demi mematangkan rencana tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi Dida Sembada melakukan sosialisasi kepada para pemilik toko yang berniaga di sekitar Jalan Ahmad Yani ke Balai Kota pada Jumat, 10 September 2021. Sosialisasi dilaksanakan untuk bisa menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat agar penataan bisa berjalan lancar.

Pada kesempatan itu, Dida menjelaskan rencananya jalur pedestrian  itu membentang dari depan Toko Robinson di pertigaan Jalan Stasiun Timur sampai depan Bank BRI atau seberang samping Pendopo Sukabumi.

Jalur itu nantinya akan dibagi menjadi dua segmen. Segmen pertama mencakup persimpangan Jalan Julius Usman hingga Jalan Ciwangi. Lalu segmen kedua dari persimpangan Jalan Ciwangi hingga persimpangan Jalan Zaenal Zakse.

Konsep design kawasan pedestrian Ahmad Yani ini akan memadukan konsep kota lama dan kota baru. Konsep kota lama akan diterapkan pada segmen pertama mengingat jalur tersebut dipenuhi bangunan pertokoan lama. Sementara konsep kota baru akan diterapkan pada segmen kedua yang sudah banyak model bangunan toko baru.

Selain membuat pedestrian yang lebar dan nyaman bagi para pejalan kaki, pemerintah daerah juga akan memasang kursi taman di sekitar pedestrian serta ducting atau menata kabel fiber optic (FO) yang saat ini ada di atas untuk dimasukkan ke dalam tanah.

“Kami ingin kawasan pedestrian ini nantinya tak hanya nyaman, tapi juga aman bagi para pejalan kaki,” ujar Dida.

Rencana penataan jalur pedestrian ini membuat lebar trotoar di jalur tersebut bertambah. Penambahan ini dengan mengambil 4 meter badan jalan untuk jalur kiri dari arah barat dan 3 meter untuk jalur kanan. Karena lebar jalan mengecil maka Jalan Ahmad Yani akan diberlakukan sistem satu arah untuk kendaraan bermotor.

Dida menambahkan penataan kawasan pedestrian ini sebagai langkah antisipasi Pemerintah Kota Sukabumi terhadap dampak pembangunan jalan tol menuju Sukabumi yang di antaranya diprediksi akan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Sukabumi Sukabumi.

Pembangunan jalur pedestrian Jalan Ahmad Yani tersebut ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi. (*)