Wali Kota Sukabumi Serahkan Uang Kadeudeuh kepada Para Juara STQH

oleh -
Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi (keempat dari kiri) bersama para juara pada STQH XVII tingkat Jabar.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kafilah Kota Sukabumi masuk dalam lima besar pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di Bandung. Prestasi ini mendapat perhatian khusus dari Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi.

Wali kota menyiapkan penghargaan berbentuk uang kadeudeuh kepada para peserta yang menjuarai lomba. Penyerahan uang kadeudeuh itu dilakukan langsung wali kota kepada para juara di Balai Kota Sukabumi pada Jumat, 10 September 2021.

Terdapat lima juara yang ditorehkan kafilah Kota Sukabumi tahun ini. Yaitu juara 1 putra hapalan 30 Juz yang diraih Muhammad Muhtar, juara 2 putri hapalan Al-Quran 5 juz atas nama Dewi Nafiza, juara 2  putra hafalan Al-Quran 5 juz  atas nama Raihan Hawaid, juara 3 putra hafalan Al-Quran 30 juz atas nama M. Ikbal, dan juara 3 tafsir Al-Quran yang diraih oleh Muftiha Khoerunnisa.

Para juara itu mendapat besaran uang kadeudeuh yang berbeda. Juara 1 mendapatkan uang kadeudeuh sebesar Rp25 juta, juara 2 sebesar Rp17,5 juta, dan juara 3 mendapatkan  uang kadeudeuh sebesar Rp12,5 juta.

Dalam sambutannya, wali kota menyatakan bangga atas prestasi yang ditorehkan para kafilah STQH. Sebab prestasi ini mengalami peningkatan dibanding dua tahun sebelumnya. Pada lomba sejenis tahun 2019, Kota Sukabumi harus puas menduduki peringkat 11. 

Wali kota berpesan kepada kafilah agar keberhasilan masuk lima besar harus dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya dengan kaderisasi melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). “Kaderisasi ini penting agar dapat terus melahirkan kafilah terbaik yang dapat mengharumkan Kota Sukabumi pada ajang selanjutnya,” kata wali kota.

Fahmi juga mengungkapkan bahwa prestasi dalam lomba ini merupakan juga prestasi keagamaan bagi warga Kota Sukabumi. “Pencapaian lomba STQH ini memberikan kesadaran jika kegiatan keagamaan harus mendapat prioritas sebab telah mengharumkan nama Kota Sukabumi,” jelas Fahmi.

STQH 2021 Tingkat Jawa Barat digelar pada tanggal 25 sampai 30 Agustus lalu di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Kota Bandung. Kota Sukabumi mengirimkan 20 peserta STQH untuk mengikuti lomba yang digelar tiap dua tahun sekali tersebut. (*)